Show simple item record

dc.contributor.advisorKAMIEL, BERLI PARIPURNA
dc.contributor.advisorSUNARDI, SUNARDI
dc.contributor.authorNUGRAHA, GHOZI ADIB
dc.date.accessioned2019-01-10T01:45:42Z
dc.date.available2019-01-10T01:45:42Z
dc.date.issued2018-12-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23723
dc.descriptionKemacetan lalu lintas adalah salah satu masalah bagi masyarakat perkotaan. Salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan adalah dengan beralih memakai kendaraan umum seperti bus atau kereta. Akan tetapi, untuk mencapai kendaraan umum diperlukan jarak yang terkadang cukup jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu, sering kali kendaraan umum tidak berhenti tepat di tempat tujuan, sehingga harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Hal ini membuat masyarakat enggan memakai kendaraan umum. Untuk itu, diperlukan alat transportasi individual yang dapat memudahkan perjalanan dengan kendaraan umum, seperti sepeda lipat. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan desain sepeda lipat yang lebih lebih efisien dalam ukuran, bobot, dan biaya dari yang ada di pasaran. Perancangan dilakukan dengan software Autodesk Inventor. Perancangan ini berfokus pada frame sepeda. Untuk mengetahui keamanan desain, dilakukan analisis kekuatan menggunakan software Autodesk Inventor dengan metode elemen hingga. Material yang digunakan dalam perancangan adalah Aluminium 6061-T6. Dari perancangan dihasilkan desain sepeda lipat dengan dimensi terlipat 765x742x328 mm. Berdasarkan hasil analisis kekuatan, diperoleh tegangan von mises maksimal yang terjadi sebesar 96,32 MPa, displacement maksimal yang terjadi sebesar 6,925 mm, tegangan safety factor minimal yang terjadi sebesar 2,85. Nilai itu adalah nilai terburuk dari hasil analisis keseluruhan desain dan hanya terjadi pada 1 titik. Hal ini terjadi karena tegangan terkumpul akibat diskontinuitas geometri pada beberapa bagian. Meski begitu, nilai safety factor pada titik terkumpulnya tegangan masih jauh di atas tegangan ijin desain sehingga dapat disimpulkan bahwa desain aman untuk digunakan.en_US
dc.description.abstractKemacetan lalu lintas adalah salah satu masalah bagi masyarakat perkotaan. Salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan adalah dengan beralih memakai kendaraan umum seperti bus atau kereta. Akan tetapi, untuk mencapai kendaraan umum diperlukan jarak yang terkadang cukup jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu, sering kali kendaraan umum tidak berhenti tepat di tempat tujuan, sehingga harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Hal ini membuat masyarakat enggan memakai kendaraan umum. Untuk itu, diperlukan alat transportasi individual yang dapat memudahkan perjalanan dengan kendaraan umum, seperti sepeda lipat. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan desain sepeda lipat yang lebih lebih efisien dalam ukuran, bobot, dan biaya dari yang ada di pasaran. Perancangan dilakukan dengan software Autodesk Inventor. Perancangan ini berfokus pada frame sepeda. Untuk mengetahui keamanan desain, dilakukan analisis kekuatan menggunakan software Autodesk Inventor dengan metode elemen hingga. Material yang digunakan dalam perancangan adalah Aluminium 6061-T6. Dari perancangan dihasilkan desain sepeda lipat dengan dimensi terlipat 765x742x328 mm. Berdasarkan hasil analisis kekuatan, diperoleh tegangan von mises maksimal yang terjadi sebesar 96,32 MPa, displacement maksimal yang terjadi sebesar 6,925 mm, tegangan safety factor minimal yang terjadi sebesar 2,85. Nilai itu adalah nilai terburuk dari hasil analisis keseluruhan desain dan hanya terjadi pada 1 titik. Hal ini terjadi karena tegangan terkumpul akibat diskontinuitas geometri pada beberapa bagian. Meski begitu, nilai safety factor pada titik terkumpulnya tegangan masih jauh di atas tegangan ijin desain sehingga dapat disimpulkan bahwa desain aman untuk digunakan.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectsepeda lipat, analisis kekuatan, desain, faktor keamanan, Autodesk Inventoren_US
dc.titlePERANCANGAN DAN ANALISIS KEKUATAN FRAME SEPEDA LIPAT MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTORen_US
dc.typeThesis SKR F T 562en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record