Show simple item record

dc.contributor.advisorSANTOSO, DWI
dc.contributor.authorJUNAIDAH, JUNAIDAH
dc.date.accessioned2019-01-11T06:11:06Z
dc.date.available2019-01-11T06:11:06Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23763
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kontribusi Pondok Pesantren Al – Mahalli dalam Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Dusun Brajan, (2) menganalisis kehidupan serta perubahan yang terjadi pada masrakat Dusun Brajan setelah Pondok Pesantren Al – Mahalli memberikan kontribusi dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan “fenomenologi” dengan jenis penelitian kualitatif.. Penelitian ini di lakukan di Pondok Pesantren Al – Mahalli, Brajan, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah pengasuh Pondok Pesantren, dua orang ustadz, tiga orang warga Dusun Brajan, dan seorang kepala dukuh Dusun Brajan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian (1) dulu kehidupan warga masyarakat Dusun Brajan sangat keterbelakangan. Banyak yang mempercayai klenik, berzina, mencuri, pemahaman kesehatan yang masih kurang, kesadaran berorganisasi yang tidak ada, kesadaran pendidikan sangat minim, tidak adanya jalan yang layak untuk dilewati, masyarakat tidak ada akses untuk ke pemerintah. (2) Pesantren Al – Mahalli memberikan banyak kontribusi dalam bidang Pendidikan Agama Islam baik secara formal mau pun non formal dan tentunya membawa kemajuan bagi Dusun Brajan. Kontribusi Pendidikan Agma Islam secara formal ialah MA, MTs, TK dan PAUD. Kontribusi Pendidikan Agma Islam non formal berupa pengajian Kemisan, Madrasah Diniyah, TPA, Semaan, dan pengajian Setu Wage.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kontribusi Pondok Pesantren Al – Mahalli dalam Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Dusun Brajan, (2) menganalisis kehidupan serta perubahan yang terjadi pada masrakat Dusun Brajan setelah Pondok Pesantren Al – Mahalli memberikan kontribusi dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan “fenomenologi” dengan jenis penelitian kualitatif.. Penelitian ini di lakukan di Pondok Pesantren Al – Mahalli, Brajan, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah pengasuh Pondok Pesantren, dua orang ustadz, tiga orang warga Dusun Brajan, dan seorang kepala dukuh Dusun Brajan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian (1) dulu kehidupan warga masyarakat Dusun Brajan sangat keterbelakangan. Banyak yang mempercayai klenik, berzina, mencuri, pemahaman kesehatan yang masih kurang, kesadaran berorganisasi yang tidak ada, kesadaran pendidikan sangat minim, tidak adanya jalan yang layak untuk dilewati, masyarakat tidak ada akses untuk ke pemerintah. (2) Pesantren Al – Mahalli memberikan banyak kontribusi dalam bidang Pendidikan Agama Islam baik secara formal mau pun non formal dan tentunya membawa kemajuan bagi Dusun Brajan. Kontribusi Pendidikan Agma Islam secara formal ialah MA, MTs, TK dan PAUD. Kontribusi Pendidikan Agma Islam non formal berupa pengajian Kemisan, Madrasah Diniyah, TPA, Semaan, dan pengajian Setu Wage.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPAI, Pesantren, Masyarakat, Kontribusi.en_US
dc.titleKONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AL MAHALLI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT BRAJAN, WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 415en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record