Show simple item record

dc.contributor.advisorSHODIQ, SADAM FAJAR
dc.contributor.authorAMIRUL, MUHAMMAD
dc.date.accessioned2019-01-14T01:27:58Z
dc.date.available2019-01-14T01:27:58Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23804
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa di SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta beserta strategi guru agama dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yakni mengangkat suatu permaslahan dengan mendalam dari kasus yang didapatkan di lapangan. Pengumpulan sumber data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis milik Miles dan Huberman. Serta dilakukan pengecekan atas keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Karakter siswa di lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta terlihat melalui penerapan nilai-nilai karakter terhadap empat hal yaitu Pertama, karakter terhadap Tuhan, melalui nilai keimanan dan ketaqwaan. Kedua, karakter terhadap diri-sendiri, melalui nilai sabar, disiplin, kerja keras, jujur dan terbuka, percaya diri, mandiri, dan semangat. Ketiga, karakter terhadap orang lain, meliputi nilai amanah, kasih sayang, menghargai, pemaaf, dan sopan santun. Keempat, karakter terhadap lingkungan, meliputi nilai tanggung jawab dan menghargai kebersihan. 2) Strategi guru agama dalam membentuk karakter siswa diterapkan dalam 4 kegiatan, yang meliputi kegiatan pembelajaran, kegiatan ketauladanan, kegiatan penguatan dan kegiatan pembiasaan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa di SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta beserta strategi guru agama dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yakni mengangkat suatu permaslahan dengan mendalam dari kasus yang didapatkan di lapangan. Pengumpulan sumber data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis milik Miles dan Huberman. Serta dilakukan pengecekan atas keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Karakter siswa di lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta terlihat melalui penerapan nilai-nilai karakter terhadap empat hal yaitu Pertama, karakter terhadap Tuhan, melalui nilai keimanan dan ketaqwaan. Kedua, karakter terhadap diri-sendiri, melalui nilai sabar, disiplin, kerja keras, jujur dan terbuka, percaya diri, mandiri, dan semangat. Ketiga, karakter terhadap orang lain, meliputi nilai amanah, kasih sayang, menghargai, pemaaf, dan sopan santun. Keempat, karakter terhadap lingkungan, meliputi nilai tanggung jawab dan menghargai kebersihan. 2) Strategi guru agama dalam membentuk karakter siswa diterapkan dalam 4 kegiatan, yang meliputi kegiatan pembelajaran, kegiatan ketauladanan, kegiatan penguatan dan kegiatan pembiasaan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectGuru Agama, Strategi Guru, Karakteren_US
dc.titleSTRATEGI GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 414en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record