dc.contributor.advisor | SHODIQ, SADAM FAJAR | |
dc.contributor.author | AMIRUL, MUHAMMAD | |
dc.date.accessioned | 2019-01-14T01:27:58Z | |
dc.date.available | 2019-01-14T01:27:58Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23804 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa di SD Muhammadiyah
Boarding School Yogyakarta beserta strategi guru agama dalam membentuk karakter
siswa di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi
kasus yakni mengangkat suatu permaslahan dengan mendalam dari kasus yang
didapatkan di lapangan. Pengumpulan sumber data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpulkan selanjutnya dianalisis
menggunakan model analisis milik Miles dan Huberman. Serta dilakukan pengecekan
atas keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Karakter siswa di lingkungan
Sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta terlihat melalui penerapan
nilai-nilai karakter terhadap empat hal yaitu Pertama, karakter terhadap Tuhan, melalui
nilai keimanan dan ketaqwaan. Kedua, karakter terhadap diri-sendiri, melalui nilai
sabar, disiplin, kerja keras, jujur dan terbuka, percaya diri, mandiri, dan semangat.
Ketiga, karakter terhadap orang lain, meliputi nilai amanah, kasih sayang, menghargai,
pemaaf, dan sopan santun. Keempat, karakter terhadap lingkungan, meliputi nilai
tanggung jawab dan menghargai kebersihan. 2) Strategi guru agama dalam membentuk
karakter siswa diterapkan dalam 4 kegiatan, yang meliputi kegiatan pembelajaran,
kegiatan ketauladanan, kegiatan penguatan dan kegiatan pembiasaan. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa di SD Muhammadiyah
Boarding School Yogyakarta beserta strategi guru agama dalam membentuk karakter
siswa di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi
kasus yakni mengangkat suatu permaslahan dengan mendalam dari kasus yang
didapatkan di lapangan. Pengumpulan sumber data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpulkan selanjutnya dianalisis
menggunakan model analisis milik Miles dan Huberman. Serta dilakukan pengecekan
atas keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Karakter siswa di lingkungan
Sekolah SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta terlihat melalui penerapan
nilai-nilai karakter terhadap empat hal yaitu Pertama, karakter terhadap Tuhan, melalui
nilai keimanan dan ketaqwaan. Kedua, karakter terhadap diri-sendiri, melalui nilai
sabar, disiplin, kerja keras, jujur dan terbuka, percaya diri, mandiri, dan semangat.
Ketiga, karakter terhadap orang lain, meliputi nilai amanah, kasih sayang, menghargai,
pemaaf, dan sopan santun. Keempat, karakter terhadap lingkungan, meliputi nilai
tanggung jawab dan menghargai kebersihan. 2) Strategi guru agama dalam membentuk
karakter siswa diterapkan dalam 4 kegiatan, yang meliputi kegiatan pembelajaran,
kegiatan ketauladanan, kegiatan penguatan dan kegiatan pembiasaan. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Guru Agama, Strategi Guru, Karakter | en_US |
dc.title | STRATEGI GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
414 | en_US |