Show simple item record

dc.contributor.advisorMDJID,ABD
dc.contributor.authorYUNISA, AULIA
dc.date.accessioned2019-01-19T02:43:49Z
dc.date.available2019-01-19T02:43:49Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23909
dc.descriptionPenelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Suronatan dengan tujuan : (1) mendeskripsikan pola asuh otoriter orang tua; (2) mengetahui disiplin belajar; (3) mengetahui prestasi belajar akademik; (4) membuktikan hubungan antara pola asuh otoriter dan disiplin belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Suronatan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah Asosiatif/hubungan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Suronatan yang berjumlah 79 siswa. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 79 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi non participant, angket tertutup, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) pola asuh otoriter orang tua siswa tergolong sedang 51,90% (41 siswa); (2) disiplin belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Suronatan tergolong sedang 45,7 % (36 siswa); (3) prestasi belajar siswa tergolong sedang 54,4% (43 siswa); (4) Tidak adanya hubungan antara pola asuh otoriter orang tua dan disiplin belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PAI pada siswa baik secara parsial maupun simultan, dibuktikan dengan nilai Sig yang diperoleh 0.428>0.05. Adapun sumbangan efektif yang diberikan pola asuh dan disiplin belajar adalah 0.022 atau 2.2%, sedangkan 97.8% ditentukan faktor lain.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Suronatan dengan tujuan : (1) mendeskripsikan pola asuh otoriter orang tua; (2) mengetahui disiplin belajar; (3) mengetahui prestasi belajar akademik; (4) membuktikan hubungan antara pola asuh otoriter dan disiplin belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Suronatan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah Asosiatif/hubungan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Suronatan yang berjumlah 79 siswa. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 79 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi non participant, angket tertutup, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) pola asuh otoriter orang tua siswa tergolong sedang 51,90% (41 siswa); (2) disiplin belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Suronatan tergolong sedang 45,7 % (36 siswa); (3) prestasi belajar siswa tergolong sedang 54,4% (43 siswa); (4) Tidak adanya hubungan antara pola asuh otoriter orang tua dan disiplin belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PAI pada siswa baik secara parsial maupun simultan, dibuktikan dengan nilai Sig yang diperoleh 0.428>0.05. Adapun sumbangan efektif yang diberikan pola asuh dan disiplin belajar adalah 0.022 atau 2.2%, sedangkan 97.8% ditentukan faktor lain.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPola Asuh Otoriter, Disiplin Belajar, Prestasi Belajaren_US
dc.titleHUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SURONATAN TAHUN AJARAN 2018/2019en_US
dc.typeThesis SKR FAI 413en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record