dc.contributor.advisor | MDJID,ABD | |
dc.contributor.author | YUNISA, AULIA | |
dc.date.accessioned | 2019-01-19T02:43:49Z | |
dc.date.available | 2019-01-19T02:43:49Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23909 | |
dc.description | Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Suronatan dengan tujuan : (1)
mendeskripsikan pola asuh otoriter orang tua; (2) mengetahui disiplin belajar; (3)
mengetahui prestasi belajar akademik; (4) membuktikan hubungan antara pola
asuh otoriter dan disiplin belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas V SD
Muhammadiyah Suronatan baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah Asosiatif/hubungan dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V SD
Muhammadiyah Suronatan yang berjumlah 79 siswa. Jumlah sampel ditentukan
dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 79 siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi non participant, angket tertutup, dan
dokumentasi foto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) pola asuh otoriter orang tua
siswa tergolong sedang 51,90% (41 siswa); (2) disiplin belajar siswa kelas V SD
Muhammadiyah Suronatan tergolong sedang 45,7 % (36 siswa); (3) prestasi
belajar siswa tergolong sedang 54,4% (43 siswa); (4) Tidak adanya hubungan
antara pola asuh otoriter orang tua dan disiplin belajar dengan prestasi belajar
mata pelajaran PAI pada siswa baik secara parsial maupun simultan, dibuktikan
dengan nilai Sig yang diperoleh 0.428>0.05. Adapun sumbangan efektif yang
diberikan pola asuh dan disiplin belajar adalah 0.022 atau 2.2%, sedangkan 97.8%
ditentukan faktor lain. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Suronatan dengan tujuan : (1)
mendeskripsikan pola asuh otoriter orang tua; (2) mengetahui disiplin belajar; (3)
mengetahui prestasi belajar akademik; (4) membuktikan hubungan antara pola
asuh otoriter dan disiplin belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas V SD
Muhammadiyah Suronatan baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah Asosiatif/hubungan dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V SD
Muhammadiyah Suronatan yang berjumlah 79 siswa. Jumlah sampel ditentukan
dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 79 siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi non participant, angket tertutup, dan
dokumentasi foto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) pola asuh otoriter orang tua
siswa tergolong sedang 51,90% (41 siswa); (2) disiplin belajar siswa kelas V SD
Muhammadiyah Suronatan tergolong sedang 45,7 % (36 siswa); (3) prestasi
belajar siswa tergolong sedang 54,4% (43 siswa); (4) Tidak adanya hubungan
antara pola asuh otoriter orang tua dan disiplin belajar dengan prestasi belajar
mata pelajaran PAI pada siswa baik secara parsial maupun simultan, dibuktikan
dengan nilai Sig yang diperoleh 0.428>0.05. Adapun sumbangan efektif yang
diberikan pola asuh dan disiplin belajar adalah 0.022 atau 2.2%, sedangkan 97.8%
ditentukan faktor lain. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Pola Asuh Otoriter, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar | en_US |
dc.title | HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SURONATAN TAHUN AJARAN 2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
413 | en_US |