Show simple item record

dc.contributor.advisorISMAIL, GHOFFAR
dc.contributor.authorHARSITI, HARSITI
dc.date.accessioned2019-01-26T02:29:08Z
dc.date.available2019-01-26T02:29:08Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23983
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi“program pembelajaran baca tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, dan ingin mengetahui mengenai context, input, prosess, dan productdari program tersebut. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proses dan Product). Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah Guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTA).PInforman penelitian adalah Kepala SekolahPdan Koordinator BTA.PData penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.PUntuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, display data/Penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.P”” “Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran baca tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, yaitu : (1) evaluasi contect munculnya program pembelajaran BTA dilatarbelakangi siswa belum bisa membaca Al-Qur’an dan untuk mencapai tujuan dari program tersebut. (2) evaluasi input menunjukkan telah dilakukan masa penjajakan untuk melihat kemampuan awal siswa. Setelah masa penajajakan siswa tidak dikelompokkan sesuai dengan kemampuan. Selain itu, peran penting guru sebagai pelaksana program dan sarana prasarana sangat baik dalam menunjang proses belajar mengajar. Akan (3) evaluasi prosess programPpembelajaran baca tulis al-Qur’anPdi“SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menggunakan metode Al-Barqy telah berjalan dengan baik. Namun, masih terdapat hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran, (4) evaluasi product, hasil pembelajaran baca tulis al-qur’an dengan metode Al-Bārqy di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 selama tengah semester menunjukkan telah memenuhi target yang ditentukan.”en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi“program pembelajaran baca tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, dan ingin mengetahui mengenai context, input, prosess, dan productdari program tersebut. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proses dan Product). Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah Guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTA).PInforman penelitian adalah Kepala SekolahPdan Koordinator BTA.PData penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.PUntuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, display data/Penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.P”” “Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran baca tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, yaitu : (1) evaluasi contect munculnya program pembelajaran BTA dilatarbelakangi siswa belum bisa membaca Al-Qur’an dan untuk mencapai tujuan dari program tersebut. (2) evaluasi input menunjukkan telah dilakukan masa penjajakan untuk melihat kemampuan awal siswa. Setelah masa penajajakan siswa tidak dikelompokkan sesuai dengan kemampuan. Selain itu, peran penting guru sebagai pelaksana program dan sarana prasarana sangat baik dalam menunjang proses belajar mengajar. Akan (3) evaluasi prosess programPpembelajaran baca tulis al-Qur’anPdi“SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menggunakan metode Al-Barqy telah berjalan dengan baik. Namun, masih terdapat hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran, (4) evaluasi product, hasil pembelajaran baca tulis al-qur’an dengan metode Al-Bārqy di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 selama tengah semester menunjukkan telah memenuhi target yang ditentukan.”en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi Program, Baca Tulis Al-Qur’an“en_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA”en_US
dc.typeThesis SKR FAI 359en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record