dc.contributor.advisor | ISMAIL, GHOFFAR | |
dc.contributor.author | HARSITI, HARSITI | |
dc.date.accessioned | 2019-01-26T02:29:08Z | |
dc.date.available | 2019-01-26T02:29:08Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23983 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi“program pembelajaran baca
tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, dan ingin
mengetahui mengenai context, input, prosess, dan productdari program tersebut.
Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,
dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proses dan Product). Penelitian ini
dilaksanakan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Subjek penelitian
adalah Guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTA).PInforman penelitian adalah Kepala
SekolahPdan Koordinator BTA.PData penelitian diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi.PUntuk mengecek keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber.Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data,
display data/Penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.P””
“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran
baca tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, yaitu : (1)
evaluasi contect munculnya program pembelajaran BTA dilatarbelakangi siswa
belum bisa membaca Al-Qur’an dan untuk mencapai tujuan dari program tersebut.
(2) evaluasi input menunjukkan telah dilakukan masa penjajakan untuk melihat
kemampuan awal siswa. Setelah masa penajajakan siswa tidak dikelompokkan
sesuai dengan kemampuan. Selain itu, peran penting guru sebagai pelaksana
program dan sarana prasarana sangat baik dalam menunjang proses belajar
mengajar. Akan (3) evaluasi prosess programPpembelajaran baca tulis
al-Qur’anPdi“SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menggunakan metode Al-Barqy
telah berjalan dengan baik. Namun, masih terdapat hambatan-hambatan dalam
proses pembelajaran, (4) evaluasi product, hasil pembelajaran baca tulis al-qur’an
dengan metode Al-Bārqy di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 selama tengah
semester menunjukkan telah memenuhi target yang ditentukan.” | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi“program pembelajaran baca
tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, dan ingin
mengetahui mengenai context, input, prosess, dan productdari program tersebut.
Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,
dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proses dan Product). Penelitian ini
dilaksanakan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Subjek penelitian
adalah Guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTA).PInforman penelitian adalah Kepala
SekolahPdan Koordinator BTA.PData penelitian diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi.PUntuk mengecek keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber.Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data,
display data/Penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.P””
“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran
baca tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, yaitu : (1)
evaluasi contect munculnya program pembelajaran BTA dilatarbelakangi siswa
belum bisa membaca Al-Qur’an dan untuk mencapai tujuan dari program tersebut.
(2) evaluasi input menunjukkan telah dilakukan masa penjajakan untuk melihat
kemampuan awal siswa. Setelah masa penajajakan siswa tidak dikelompokkan
sesuai dengan kemampuan. Selain itu, peran penting guru sebagai pelaksana
program dan sarana prasarana sangat baik dalam menunjang proses belajar
mengajar. Akan (3) evaluasi prosess programPpembelajaran baca tulis
al-Qur’anPdi“SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menggunakan metode Al-Barqy
telah berjalan dengan baik. Namun, masih terdapat hambatan-hambatan dalam
proses pembelajaran, (4) evaluasi product, hasil pembelajaran baca tulis al-qur’an
dengan metode Al-Bārqy di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 selama tengah
semester menunjukkan telah memenuhi target yang ditentukan.” | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Evaluasi Program, Baca Tulis Al-Qur’an“ | en_US |
dc.title | EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA” | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
359 | en_US |