Show simple item record

dc.contributor.advisorKHASNAH, MIFTAKHUL
dc.contributor.authorMUTA'ALIMAH, JULIA
dc.date.accessioned2019-01-29T02:57:39Z
dc.date.available2019-01-29T02:57:39Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24010
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengambarkan implementasi strategi pemasaran syariah dengan fokus penelitian segmentation, targeting dan positioning pada produk tabungan arisan di BPRS Madina. Manfaat penelitian ini dapat menjadi bahan acuan BPRS Madina dalam memaksimalkan kegiatan strategi pemasaran dan sebagai kontribusi ilmu yang didapat selama masa studi. Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah pimpinan, marketer, customer service dan nasabah tabungan arisan. Kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian bahwa sebelum melakukan segmentation, BPRS Madina terlebih dahulu melakukan identifikasi pasar. Setelah itu melakukan pengelompokkan segmen berdasarkan variabel geografis: kabupaten terdiri dari Bantul, kota Yogyakarta dan Sleman, variabel demografis: jenis kelamin pria dan wanita, pekerjaan pegawai negeri sipil dan wiraswasta, variabel psikografis: kelas sosial menengah, ke atas, ke bawah dan gaya hidup menyesuaikan kelas sosial. Targeting ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dengan target pasar yaitu wanita daerah kabupaten Bantul dengan pekerjaan pegawai negeri sipil dan kelas sosial menengah. Positioning produk dilakukan dengan perbedaan atau persaingan produk dengan bank lain, manfaat produk dan harga produk tabungan arisan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengambarkan implementasi strategi pemasaran syariah dengan fokus penelitian segmentation, targeting dan positioning pada produk tabungan arisan di BPRS Madina. Manfaat penelitian ini dapat menjadi bahan acuan BPRS Madina dalam memaksimalkan kegiatan strategi pemasaran dan sebagai kontribusi ilmu yang didapat selama masa studi. Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah pimpinan, marketer, customer service dan nasabah tabungan arisan. Kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian bahwa sebelum melakukan segmentation, BPRS Madina terlebih dahulu melakukan identifikasi pasar. Setelah itu melakukan pengelompokkan segmen berdasarkan variabel geografis: kabupaten terdiri dari Bantul, kota Yogyakarta dan Sleman, variabel demografis: jenis kelamin pria dan wanita, pekerjaan pegawai negeri sipil dan wiraswasta, variabel psikografis: kelas sosial menengah, ke atas, ke bawah dan gaya hidup menyesuaikan kelas sosial. Targeting ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dengan target pasar yaitu wanita daerah kabupaten Bantul dengan pekerjaan pegawai negeri sipil dan kelas sosial menengah. Positioning produk dilakukan dengan perbedaan atau persaingan produk dengan bank lain, manfaat produk dan harga produk tabungan arisan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectsegmentation, targeting, positioning, tabungan arisanen_US
dc.titleIMPLEMENTASI SEGMENTATION, TARGETING DAN POSITIONING PADA PRODUK TABUNGAN ARISAN DI PT BPRS MADINA MANDIRI SEJAHTERAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 403en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record