dc.contributor.advisor | SAPTUTYNINGSIH, ENDAH | |
dc.contributor.author | DIYANTORO, RABOY | |
dc.date.accessioned | 2019-02-02T03:05:36Z | |
dc.date.available | 2019-02-02T03:05:36Z | |
dc.date.issued | 2018-10-27 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24158 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengukur Willingness To Pay pengunjung
objek wisata Goa Seplawan dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi Willingness To Pay tersebut. Studi ini menggunakan data primer
dengan jumlah responden sebanyak 270 yang dilakukan secara acak atau random
sampling. Willingness To Pay dapat diperkirakan dengan menggunakan
pendekatan Contingent Valuation Method (CVM). Berdasarkan analisi, nilai ratarata
Willingness To Pay per orang sebesar Rp 8.730 dan dibulatkan menjadi Rp
9.000 yang didapatkan dengan Dichotomous Choice. Faktor-faktor yang diduga
mempengaruhi secara signifikan besarnya nilai Willingness To Pay untuk respon
pengunjung objek wisata Goa Seplawan adalah pendapatan dan biaya rekreasi
berpengaruh positif dan signifikan. Usia, Jarak Frekuensi kunjungan, dan
Kepuasan Pengunjung berpengaruh negatif dan signifikan. Sedangkan Tingkat
Pendidikan dan Waktu Kunjungan berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap Willingness To Pay. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to measure the willingness to pay of the visitors for any
objects in the tourism place in Goa Seplawan and to perceive factors which affect
the willingness to pay. This study uses primary data with number of respondents
270 as random sampling. Willingness To Pay can be estimated by using the
Contingent Valuation Method (CVM) approach. Based on the analysis, the
average value of willingness to pay per person is Rp. 8,730 and rounded up to Rp.
9,000 which is obtained by dichotomous choice. Factors that significantly
influence the amount of Willingness To Pay for responses of the visitor are
income that have a positive and significant effect. Age, distance, frequency of
visit, and satisfaction has negative and significant effect. While education level
and visit time have a positive and insignificant effect on the Willingness To Pay | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Willingness To Pay; Contingent Valuation Method; Goa seplawan | en_US |
dc.title | WILLINGNESS TO PAY PERBAIKAN KUALITAS DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GOA SEPLAWAN DI PURWOREJO | en_US |
dc.title.alternative | Pendekatan Contingent Valuation Method (CVM) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FEB
752 | en_US |