Show simple item record

dc.contributor.authorROSA, ELSYE MARIA
dc.contributor.authorKURNIASARI, NOVITA
dc.date.accessioned2019-02-15T00:28:22Z
dc.date.available2019-02-15T00:28:22Z
dc.date.issued2018-08-02
dc.identifier.issn10.18196/bdr.6249
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24471
dc.descriptionKomunikasi merupakan komponen penting dalam pelayanan Rumah Sakit, dengan mendengarakan keluhan atau pertanyaan pasien dan menjelaskan prosedur tindakan adalah contoh-contoh komunikasi yang harus dilakukan selama melakukan pelayanan. Komunikasi juga merupakan proses yang dilakukan petugas dalam menjalin kerjasama yang baik dengan pasien atau dengan tenaga kesehatan lain dalam rangka membantu mengatasi masalah pasien. Masalah yang ditemukan adalah kurang responnya pemberi pelayanan ketika pasien atau Berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung tahun 2014, terkait pelayanan cepat dan ramah di akhir pelayanan baru tercapai 67,7%. Ada beberapa kemungkinan kurang berhasilnya keramahan petugas pada pasien dan keluarga diantaranya dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan dalam komunikasi efektif, sikap petugas, tingkat pendidikan, pengalaman, lingkungan, jumlah tenaga yang kurang. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan untuk meningkatkan pengetahuan petugas Rumah Sakit terkait kesehatan pasien, maka perlu meningkatkan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE). Untuk memberikan bekal kepada seluruh karyawan Rumah Sakit (dokter, perawat, bidan tenaga kesehatan lainnya dan non kesehatan) Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung terkait peningkatan kemampuan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE), maka diklatlitbang bermaksud untuk mengadakan “Pelatihan dan Workshop Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE)”. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah Agar petugas keseahatan khususnya perawat di RS. PKU Temanggung mampu memahami konsep Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE), melakukan atau mengkomunikasikan perkataan, perbuatan atau ekspresi yang memfasilitasi proses pelayanan sebagai sarana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.keluarganya mengemukakan keluhan yang berkaitan dengan pengobatan dan perawatannya. “Pelatihan dan Workshop Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE)”. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah Agar petugas keseahatan khususnya perawat di RS. PKU Temanggung mampu memahami konsep Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE), melakukan atau mengkomunikasikan perkataan, perbuatan atau ekspresi yang memfasilitasi proses pelayanan sebagai sarana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.en_US
dc.description.abstractKomunikasi merupakan komponen penting dalam pelayanan Rumah Sakit, dengan mendengarakan keluhan atau pertanyaan pasien dan menjelaskan prosedur tindakan adalah contoh-contoh komunikasi yang harus dilakukan selama melakukan pelayanan. Komunikasi juga merupakan proses yang dilakukan petugas dalam menjalin kerjasama yang baik dengan pasien atau dengan tenaga kesehatan lain dalam rangka membantu mengatasi masalah pasien. Masalah yang ditemukan adalah kurang responnya pemberi pelayanan ketika pasien atau keluarganya mengemukakan keluhan yang berkaitan dengan pengobatan dan perawatannya. “Pelatihan dan Workshop Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE)”. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah Agar petugas keseahatan khususnya perawat di RS. PKU Temanggung mampu memahami konsep Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE), melakukan atau mengkomunikasikan perkataan, perbuatan atau ekspresi yang memfasilitasi proses pelayanan sebagai sarana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.en_US
dc.description.sponsorshipLP3M UMYen_US
dc.publisherUMYen_US
dc.relation.ispartofseriesVol.6;02
dc.subjectKIE, Patient safety, Promosi Kesehatanen_US
dc.titleIMPLEMENTASI KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNGen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record