Show simple item record

dc.contributor.authorKUSDHIARNINGSIH, BETTY
dc.date.accessioned2019-02-20T06:26:10Z
dc.date.available2019-02-20T06:26:10Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25125
dc.description.abstractLatar belakang: Setiap tenaga kesehatan nantinya harus siap untuk diterjunkan ke lapangan, oleh sebab itu pembelajaran praktik sangatlah diperlukan dalam mengasah keterampilan setiap mahasiswa. Untuk mendukung terbentuknya mahasiswa dengan keterampilan yang baik, maka metode pembelajaran pun harus mengalami penyesuaian. Peer Assisted Learning (PAL) adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan teman sebaya, atau senior sebagai pembimbing dalam suatu kelompok kecil. Metode ini dianggap tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran skills lab, karena mampu menciptakan hubungan yang lebih erat, meningkatkan rasa kepercayaan diri, dan diharapkan juga mampu meningkatkan kualitas skills lab mahasiswa. Pada akhir pelaksanaan praktik skills lab, dibutuhkan pengukuran untuk mengetahui kualitas skills lab yang dimiliki mahasiswa, yaitu dengan menggunakan Objective Structured Clinical Exam (OSCE). OSCE adalah cara mengevaluasi keterampilan mahasiswa, yang bersifat objektif dan komprehensif, dengan seting menyerupai situasi dan kondisi lapangan yang sebenarnya, menggunakan pengukuran berbentuk daftar tilik (Checklist). Literatur review ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan sistem pembelajaran Peer Assisted Learning (PAL) pada peningkatan Psikomotor mahasiswa dalam Objective Structured Clinical Examination (OSCE). xiii Metode: Desain yang digunakan adalah Literatur Review. Literatur Review adalah ulasan, rangkuman dan pemikiran dari peneliti mengenai studi kepustakaan, yang berasal dari berbagai jurnal yang sesuai dengan kata kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengunjungi berbagai database di situs internet, seperti : Google Scholar, ScienceDirect, Proquest dan Jstor.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER KEPERAWATANen_US
dc.subjectPeer Assisted Learning (PAL),en_US
dc.subjectObjective Structured Clinical Examination (OSCE),en_US
dc.subjectPsikomotoren_US
dc.subjectResearch Subject Categories::MEDICINEen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PEER ASSISTED LEARNING (PAL) PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR MAHASISWA DALAM OBJECTIVED STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) : LITERATUR REVIEWen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record