Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, ROSARI PERMATA
dc.date.accessioned2019-02-21T06:43:03Z
dc.date.available2019-02-21T06:43:03Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25233
dc.description.abstractLatar belakang: Sejak BPJS Kesehatan diberlakukan terdapat beberapa masalah yang dapat ditemukan, seperti peningkatan jumlah pasien yang menyebabkan peningkatan lama waktu antri pelayanan, sistem rujukan yang berjenjang, serta adanya pembagian kelas perawatan. Rumah sakit sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan turut merasakan perubahan tersebut. Untuk itu, rumah sakit perlu meningkatkan kualitas pelayanan agar tetap berjalan efektif dan menimbulkan kepuasan pasien. Kualitas pelayanan terdiri atas 5 dimensi yaitu tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy. Berdasarkan adanya permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien di salah satu rumah sakit rujukan BPJS kesehatan. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 181 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linier ganda. Hasil dan pembahasan: Kualitas pelayanan yang diteliti ada 5 variabel yaitu tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy. Hasil uji analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan diperoleh tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy memiliki pengaruh terhadap kepuasan yang signifikan secara parsial dan assurance adalah variabel yang paling berpengaruh. Kesimpulan: Terdapat pengaruh tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy secara parsial terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Kota Yogyakarta, dan assurance merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKITen_US
dc.subjectkualitas pelayananen_US
dc.subjectkepuasan pasienen_US
dc.subjectunit rawat jalanen_US
dc.titlePENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD KOTA YOGYAKARTAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record