Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMATULLAH, AZAM SYUKUR
dc.date.accessioned2019-03-15T02:24:04Z
dc.date.available2019-03-15T02:24:04Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.issn2580-8796 Mei 2017
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25701
dc.descriptionPenyimpangan perilaku anak-remaja-dewasa di era digital saat ini semakin meningkat tajam. Hal ini dapat dilihat dari berbagai hasil survei oleh lembaga-lembaga kredibel yang menunjukkan peningkatan jumlah kenakalan generasi muda. Kondisi yang demikian tidak dapat dilepaskan dari pengaruh pendidikan rumah, sebagai pondasi dasar “perilaku anak.” Pendidikan rumah yang terbaik adalah pendidikan rumah yang ramah. Bagian-bagian dari pendidikan rumah yang ramah antara lain; ramah dalam bersikap kepada anak, ramah dalam menyelesaikan masalah anak, ramah dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan anak, ramah dalam bersosialisasi dengan anak, yang kesemua itu apabila bersifat “kontinuitas” bukan bersifat “terputus” maka akan mampu menjadikan inspirasi perubahan sikap bagi anak. Anak secara tidak langsung akan tercerahkan dan mampu membentengi diri dari pengaruh buruk dimanapun dirinya berada. Hal ini dikarenakan kejiwaan anak yang terpupuk dengan baik oleh keberadaan rumah yang merupakan “rahim psikologis anak.”en_US
dc.description.abstractPenyimpangan perilaku anak-remaja-dewasa di era digital saat ini semakin meningkat tajam. Hal ini dapat dilihat dari berbagai hasil survei oleh lembaga-lembaga kredibel yang menunjukkan peningkatan jumlah kenakalan generasi muda. Kondisi yang demikian tidak dapat dilepaskan dari pengaruh pendidikan rumah, sebagai pondasi dasar “perilaku anak.” Pendidikan rumah yang terbaik adalah pendidikan rumah yang ramah. Bagian-bagian dari pendidikan rumah yang ramah antara lain; ramah dalam bersikap kepada anak, ramah dalam menyelesaikan masalah anak, ramah dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan anak, ramah dalam bersosialisasi dengan anak, yang kesemua itu apabila bersifat “kontinuitas” bukan bersifat “terputus” maka akan mampu menjadikan inspirasi perubahan sikap bagi anak. Anak secara tidak langsung akan tercerahkan dan mampu membentengi diri dari pengaruh buruk dimanapun dirinya berada. Hal ini dikarenakan kejiwaan anak yang terpupuk dengan baik oleh keberadaan rumah yang merupakan “rahim psikologis anak.”en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectPendidikan, Rumah dan Ramah, Perilaku Menyimpang, Era Digitalen_US
dc.titlePENDIDIKAN RUMAH DAN RAMAH SEBAGAI BASIS YANG MENCERAHKAN ANAK DI ERA DIGITALen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • CONFERENCE
    Berisi artikel ilmiah (bukan sertifikat) yang ditulis oleh dosen pada acara konferensi baik lokal, nasional maupun internasional dengan penyelenggara dari luar UMY, baik sebagai peserta Call for Paper, presenter, narasumber maupun keynote speaker.

Show simple item record