Show simple item record

dc.contributor.advisorUTAMI, YULI
dc.contributor.authorKURNIAWAN, MUHAMMAD WAWAN
dc.date.accessioned2019-03-20T03:01:50Z
dc.date.available2019-03-20T03:01:50Z
dc.date.issued2018-11-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25762
dc.descriptionRendahnya tingkat pemahaman wakaf tunai menjadikan motivasi dalam penelitian ini, sehingga dalam penelitian ini bertujuan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat pemahaman warga Muhammadiyah Kota Yogyakarta mengenai wakaf tunai. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dengan memberikan kuisioner kepada warga Muhammadiyah yang mempunyai NBM (No Baku Muhammadiyah) di wilayah Kota Yogyakarta dengan jumlah sampel 100 responden berdasarkan random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik Regresi Linier Berganda. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel keterlibatan dalam organisasi sosial keagamaan, akses media massa dan finansial teknologi, kepatuhan beragama, dan akses kelembagaan mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman wakaf tunai warga Muhammadiyah dengan nilai probabilitas < 0,05. Hal ini bermakna bahwa semua variabel yang dipakai berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman wakaf tunai, kesimpulan ini dibenarkan oleh teori yang disebut Bloom bahwa pemahaman seseorang tentang sesuatu dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri seseorang.en_US
dc.description.abstractRendahnya tingkat pemahaman wakaf tunai menjadikan motivasi dalam penelitian ini, sehingga dalam penelitian ini bertujuan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat pemahaman warga Muhammadiyah Kota Yogyakarta mengenai wakaf tunai. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dengan memberikan kuisioner kepada warga Muhammadiyah yang mempunyai NBM (No Baku Muhammadiyah) di wilayah Kota Yogyakarta dengan jumlah sampel 100 responden berdasarkan random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik Regresi Linier Berganda. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel keterlibatan dalam organisasi sosial keagamaan, akses media massa dan finansial teknologi, kepatuhan beragama, dan akses kelembagaan mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman wakaf tunai warga Muhammadiyah dengan nilai probabilitas < 0,05. Hal ini bermakna bahwa semua variabel yang dipakai berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman wakaf tunai, kesimpulan ini dibenarkan oleh teori yang disebut Bloom bahwa pemahaman seseorang tentang sesuatu dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri seseorang.en_US
dc.publisherFAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectMedia, Kepatuhan Beragama, Kelembagaan, dan Wakaf Tunai.en_US
dc.titleWAKAF TUNAI: TINGKAT PEMAHAMAN MASYARAKAT MUHAMMADIYAH DAN FAKTOR PENENTUNYA (STUDI KASUS MASYARAKAT MUHAMMADIYAH YANG BERAKTIFITAS DI KOTA YOGYAKARTA )en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record