Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorHALILI, HALILI
dc.date.accessioned2019-04-13T02:38:56Z
dc.date.available2019-04-13T02:38:56Z
dc.date.issued2019-01-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26012
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana konteks Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho. (2) untuk mengetahui bagaimana input/masukan yang ada di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho. (3) untuk mengkaji bagaimana proses program pendidikan bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho. (4) untuk mengetahui apa hasil yang telah dicapai dari program pendidikan bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho. Jenis penelitian ini adalah evaluatif ex post facto, menggunakan penelitian berbentuk kualitatif mixed method dengan model evaluasi CIPP dari Stufflebeam. Subyek pondok pesantren modern Ar-Ridho serta Ustad dan santri bidang bahasa Arab, dan 42 peserta kuesioner. Tehnik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dekumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teori Milles dan Huberman yang mencangkup tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisi dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pada tahap context sudah dikategorikan baik. (2) pada aspek input dikategorikan cukup baik. (3) pada aspek process dikategorikan cukup baik. (4) pada aspek product dapat dikategorikan baik. Secara keseluruhan tujuan program pendidikan bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho dapat dikategorikan baik.en_US
dc.description.abstractThis research aims at: 1) finding out the context of Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School, 2) finding out the existing inputs in Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School, 3) studying the process of the Arabic language education program in Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School, 4) finding out the achievement result of the Arabic language education program in Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School. This research was ex post facto evaluative using qualitative mixed method with Stufflebeam’s CIPP evaluation model. The subjects of this research were Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School including the Ustadz (Islamic teachers) and the Arabic language students, as well as 42 questionnaire respondents. The data collection technique was through observation, interview and documentation. The data analysis technique was qualitative, using Milles and Huberman’s theory, which involved 3 stages: data reduction, data presentation, and data interpretation. The quantitative data was analyzed using descriptive statistic. The result of this research indicates that: 1) in the stage of context, Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School is categorized as good, 2) in the aspect of input, Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School is categorized as fair, 3) in the aspect of process, Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School is categorized as fair, 4) in the aspect of product, Ar-Ridho Modern Islamic Boarding School is categorized as good.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectProgram Evaluation, Arabic Language Educationen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RIDHO BANTENen_US
dc.typeThesis SKR FAI 078en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record