dc.contributor.advisor | PUSPITOSARI, WARIH ANDAN | |
dc.contributor.author | TIANOTAK, DWI RIZKI K. | |
dc.date.accessioned | 2019-04-13T02:47:45Z | |
dc.date.available | 2019-04-13T02:47:45Z | |
dc.date.issued | 2019-12-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26013 | |
dc.description | Kecemasan adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa ketakutan
atau kehilangan kepercayaan diri yang tidak jelas asal maupun wujudnya. Jenis
kecemasan pada remaja dan anak sekolah secara signifikan dapat menganggu kegiatan
harian dan tugas perkembangan yang berpengaruh pada nilai akademik hingga fungsi
sosial sampai dia dewasa. Gangguan kecemasan merupakan keadaan paling umum yang
sering dialami oleh remaja. Kondisi ini mempengaruhi 6-20% anak-anak dan remaja.
Salah satu penyebab munculnya kecemasan adalah kurangnya pengetahuan tentang
manajemen stres, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
pelatihan modul manajemen stress terhadap tingkat kecemasan pada remaja awal.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest-
Postest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan terhadap 36
responden siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta yang berusia 12-15 tahun. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah modul manajemen stres CERDAS (Cendekiawan muda
bersama wujudkan Indonesia sehat). Setiap responden dibagikan informed consent
penelitian yang kemudian diserahkan kepada orang tua masing-masing. Data berupa skala
numerik dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan independent t test.
Hasil: Hasil analisis independent t test dari skor postest kelompok kontrol dan intervensi
sebesar 0,026 atau nilai p = < 0,05 dengan mean difference bertanda positif. Hal ini
menunjukkan bahwa skor postest kecemasan siswa di kelompok intervensi lebih rendah
dibandingkan tingkat kecemasan siswa di kelompok kontrol, sehingga terdapat perbedaan
penurunan tingkat kecemasan yang signifikan dari kedua kelompok..
Kesimpulan: Pelatihan Modul Manajemen Stres efektif dalam penurunan kecemasan
pada remaja awal. | en_US |
dc.description.abstract | Anxiety is a condition in which a person feels afraid or lost confidence for
uncertain reason. Anxiety in teenager and school age children can significantly affect
their daily activities, development, academic life, and social function. The situation can
continue until their adulthood. Anxiety disorder is commonly experienced by adolescent.
This disorder has affected 6-20% of children and teenagers in developed countries. One
of the factors that cause anxiety is lack of knowledge on stress management. Therefore,
the aim of this research is to know the effectivity of stress management module training
on anxiety level among early adolescent.
Method: This research is a quasi-experimental research that uses Pretest-Postest,
Nonequivalent Control Group Design. The respondents of this research are 36 students of
VIII grade in SMPN 4 Yogyakarta, whose age range from 12 up to 15 years old. The
research instrument that is used is CERDAS (Young scholars work together in creating
healthy Indonesia) stress-management module. Each respondent is given an informed
consent, which then is given to their parents. The data is numeric scale that uses
univariate and bivariate analysis using indepent test.
Result: The result of independent test analysis is taken from the postest score of
controlling group and intervention, which is 0,026 or 0 = < 0,05 witg positive mean
difference. It shows that the postest score of students anxiety in intervention group is
lower compared to anxiety level of students in controlling group. Therefore, there is a
significant decreasing anxiety level of these groups | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Stress-Management Module Training is effective in decreasing anxiety level of early adolescent. | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS PELATIHAN MODUL MANAJEMEN STRES TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA REMAJA AWAL | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |