Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorSUDISTIAN, FURTA ADITYA
dc.date.accessioned2019-04-25T02:16:54Z
dc.date.available2019-04-25T02:16:54Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26135
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode Iqro’ dalam peningkatan pemahaman membaca Al-Qur’an di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Sleman Yogyakarta. 2) Faktor apa aja yang menjadi pendukung dan penghambat kegiatan metode Iqro’ di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu sebagai berikut: 1) Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), 2) Subyek penelitian ini yaitu ustadz dan ustadzah serta seluruh anak didik TPA Al- Ma’arij Mancasan, 3) Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, 4) Sedangkaan untuk analisisnya penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik. Adapun hasil penelitian ini adalah, 1) Metode Iqro’ yang diterapkan yaitu Tariqat Asshautiyah (penguasaan atau pengenalan bunyi), Tariqat Attadrij (pengenalan dari yang mudah pada yang sulit), Tariqat Biriyadhotil Atfal (pengenalan melalui latihan-latihan dimana lebih menekankan pada anak didik untuk aktif), Attawassuk Fi Maqosid la Fil Alat (pengajaran yang berorientasi pada tujuan bukan pada alat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan itu, yakni anak bisa membaca Al-qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Dan yang terakhir adalah Tariqat Bimuraat Al-Isti’dadi Wattatbik (pengajaran yang harus memperhatikan kesiapan, kematangan, potensi-potensi dan watak anak didik). 2) faktor pendukung besarnya dukungan dari takmir dan juga tokoh masyarakat setempat. 3) Faktor penghambat fasilitas yang belum memadai, para guru yang masih sibuk diluar, dan kurangnya disiplin dari guru dan murid.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode Iqro’ dalam peningkatan pemahaman membaca Al-Qur’an di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Sleman Yogyakarta. 2) Faktor apa aja yang menjadi pendukung dan penghambat kegiatan metode Iqro’ di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu sebagai berikut: 1) Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), 2) Subyek penelitian ini yaitu ustadz dan ustadzah serta seluruh anak didik TPA Al- Ma’arij Mancasan, 3) Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, 4) Sedangkaan untuk analisisnya penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik. Adapun hasil penelitian ini adalah, 1) Metode Iqro’ yang diterapkan yaitu Tariqat Asshautiyah (penguasaan atau pengenalan bunyi), Tariqat Attadrij (pengenalan dari yang mudah pada yang sulit), Tariqat Biriyadhotil Atfal (pengenalan melalui latihan-latihan dimana lebih menekankan pada anak didik untuk aktif), Attawassuk Fi Maqosid la Fil Alat (pengajaran yang berorientasi pada tujuan bukan pada alat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan itu, yakni anak bisa membaca Al-qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Dan yang terakhir adalah Tariqat Bimuraat Al-Isti’dadi Wattatbik (pengajaran yang harus memperhatikan kesiapan, kematangan, potensi-potensi dan watak anak didik). 2) faktor pendukung besarnya dukungan dari takmir dan juga tokoh masyarakat setempat. 3) Faktor penghambat fasilitas yang belum memadai, para guru yang masih sibuk diluar, dan kurangnya disiplin dari guru dan murid.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPemahaman Al-Qur’an.en_US
dc.titlePENERAPAN METODE IQRO’ DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA AL-MA’ARIJ MANCASAN AMBARKETAWANG SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 127en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record