dc.contributor.advisor | KHILMIYAH, AKIF | |
dc.contributor.author | SUDISTIAN, FURTA ADITYA | |
dc.date.accessioned | 2019-04-25T02:16:54Z | |
dc.date.available | 2019-04-25T02:16:54Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26135 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode Iqro’ dalam peningkatan
pemahaman membaca Al-Qur’an di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Sleman
Yogyakarta. 2) Faktor apa aja yang menjadi pendukung dan penghambat kegiatan metode Iqro’
di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif yaitu sebagai berikut: 1) Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field
research), 2) Subyek penelitian ini yaitu ustadz dan ustadzah serta seluruh anak didik TPA Al-
Ma’arij Mancasan, 3) Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi,
4) Sedangkaan untuk analisisnya penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik.
Adapun hasil penelitian ini adalah, 1) Metode Iqro’ yang diterapkan yaitu Tariqat
Asshautiyah (penguasaan atau pengenalan bunyi), Tariqat Attadrij (pengenalan dari yang mudah
pada yang sulit), Tariqat Biriyadhotil Atfal (pengenalan melalui latihan-latihan dimana lebih
menekankan pada anak didik untuk aktif), Attawassuk Fi Maqosid la Fil Alat (pengajaran yang
berorientasi pada tujuan bukan pada alat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan itu, yakni
anak bisa membaca Al-qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Dan yang terakhir
adalah Tariqat Bimuraat Al-Isti’dadi Wattatbik (pengajaran yang harus memperhatikan kesiapan,
kematangan, potensi-potensi dan watak anak didik). 2) faktor pendukung besarnya dukungan
dari takmir dan juga tokoh masyarakat setempat. 3) Faktor penghambat fasilitas yang belum
memadai, para guru yang masih sibuk diluar, dan kurangnya disiplin dari guru dan murid. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode Iqro’ dalam peningkatan
pemahaman membaca Al-Qur’an di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Sleman
Yogyakarta. 2) Faktor apa aja yang menjadi pendukung dan penghambat kegiatan metode Iqro’
di TPA Al-Ma’arij Mancasan Ambarketawang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif yaitu sebagai berikut: 1) Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field
research), 2) Subyek penelitian ini yaitu ustadz dan ustadzah serta seluruh anak didik TPA Al-
Ma’arij Mancasan, 3) Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi,
4) Sedangkaan untuk analisisnya penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik.
Adapun hasil penelitian ini adalah, 1) Metode Iqro’ yang diterapkan yaitu Tariqat
Asshautiyah (penguasaan atau pengenalan bunyi), Tariqat Attadrij (pengenalan dari yang mudah
pada yang sulit), Tariqat Biriyadhotil Atfal (pengenalan melalui latihan-latihan dimana lebih
menekankan pada anak didik untuk aktif), Attawassuk Fi Maqosid la Fil Alat (pengajaran yang
berorientasi pada tujuan bukan pada alat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan itu, yakni
anak bisa membaca Al-qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Dan yang terakhir
adalah Tariqat Bimuraat Al-Isti’dadi Wattatbik (pengajaran yang harus memperhatikan kesiapan,
kematangan, potensi-potensi dan watak anak didik). 2) faktor pendukung besarnya dukungan
dari takmir dan juga tokoh masyarakat setempat. 3) Faktor penghambat fasilitas yang belum
memadai, para guru yang masih sibuk diluar, dan kurangnya disiplin dari guru dan murid. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Pemahaman Al-Qur’an. | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA AL-MA’ARIJ MANCASAN AMBARKETAWANG SLEMAN YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
127 | en_US |