Show simple item record

dc.contributor.authorAISAH, ANITA
dc.date.accessioned2019-05-25T04:18:35Z
dc.date.available2019-05-25T04:18:35Z
dc.date.issued2019-04-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26485
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas pelatihan modifikasi kurikulum differentiated instruction pada Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk siswa disabilitas intelektual. Latar belakang masalah dalam penelitian ini ada ketidaksiapan guru PAI dalam menghadapi keberagaman siswa terutama pada aspek keberagaman mental. Peneliti mengambil tema siswa disabilitas intelektual berdasarkan studi pendahuluan yang menghasilkan bahwa banyak siswa dengan karakteristik disabilitas intelektual ditemui oleh guru PAI. Differentiatied Instruction dipilih karena sudah terbukti efektif digunakan di dalam kelas dengan keberagaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest posttest kontrol grup design. Alat ukur yang digunakan adalah angket terbuka pretest dan posttest untuk menguji pengetahuan peserta pelatihan tentang modifikasi kurikulum differentiated instruction pada mapel PAI untuk siswa disabilitas intelektual. Alat pengambil data selain angket adalah blanko observasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui ketrampilan memodifikasi kurikulum pada peserta selama pelatihan berlangsung. Pelatihan telah dilaksanakan pada bulan Juli 2018 di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ada 19 peserta dengan karakteristik pendidik PAI yang sudah memiliki pengalaman mengajar minimal 1 tahun.Hasil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pengetahuan tentang modifikasi kurikulum differentiated instruction pada mapel PAI untuk siswa disabilitas intelektual. Perbedaan ini ditunjukkan oleh skor signifikansi 0,00 (0,00<0,05). Hasil yang lain adalah ketrampilan peserta yang sudah mengikuti langkah langkah dalam menerapkan DI khususnya pada RPP. Kelemahan dari pelatihan ini adalah waktu yang sangat terbatas terutama pada sesi praktek implementasi differentiated instruction pada RPP yang disediakan sehingga pembuatan evaluasi pada RPP tidak dirinci lebih detail.en_US
dc.subjectIndividual Differences, modifikasi kurikulum, disabilitas intelektualen_US
dc.titlePENINGKATAN KAPASITAS GURU PAI MELALUI PELATIHAN MODIFIKASI KURIKULUM MENGGUNAKAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK SISWA DISABILITAS INTELEKTUALen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • CONFERENCE
    Berisi artikel ilmiah (bukan sertifikat) yang ditulis oleh dosen pada acara konferensi baik lokal, nasional maupun internasional dengan penyelenggara dari luar UMY, baik sebagai peserta Call for Paper, presenter, narasumber maupun keynote speaker.

Show simple item record