Show simple item record

dc.contributor.authorSOFYAN, NUR
dc.date.accessioned2019-05-28T09:36:04Z
dc.date.available2019-05-28T09:36:04Z
dc.date.issued2019-02-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26714
dc.descriptionDewasa ini peran internet sudah memasuki kehidupan manusia diberbagai sektor internet menghadirkan dunia maya yang banyak digunakan orang untuk berbagai kegiatan, baik ekonomi, politik atau sosial. penggunaan internet tidak lagi dibatasi ruang dan waktu. Aktivitas digital marketing semakin berkembang seiring dengan munculnya media digital dengan segenap kelebihannya dibandingkan dengan media massa. Kehadiran internet menjadi alat utama untuk pengiriman informasi, bisnis dari semua ukuran untuk meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap barang dan jasa dengan mengacu pada penggunaan kekuatan internet untuk menghasilkan respons tertentu dari konsumen. Kegiatan marketing digital tidak hanya terjadi pada industri barang tetapi juga industri jasa, termasuk jasa Pekerja Seks Komersial (PSK) di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan mengambil tiga pasang informan PSK online dengan pelanggannya.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menemukan bahwa PSK mahasiswa menggunakan jenis media yang lebih bervariatif tanpa meninggalkan face to face sebelum praktek protitusi dilakukan. Penggunaan media didasari dengan motif-motif antara lain mengetahui identitas calon pelanggan, mengunggah foto dan identitas diri, menikmati profesinya serta melakukan persuasi terhadap calon pelanggan. Pada dasarnya semua informan mengakui bahwa dengan media online mereka bisa melakukan potong kompas dalam mencapai transaksi dan melindungi diri dari stigma negatif publik karena mereka tidak harus hadir dalam lokalisasi.en_US
dc.description.abstractAktivitas digital marketing semakin berkembang seiring dengan munculnya media digital dengan segenap kelebihannya dibandingkan dengan media massa. Kehadiran internet menjadi alat utama untuk pengiriman informasi, bisnis dari semua ukuran untuk meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap barang dan jasa dengan mengacu pada penggunaan kekuatan internet untuk menghasilkan respons tertentu dari konsumen. Kegiatan marketing digital tidak hanya terjadi pada industri barang tetapi juga industri jasa, termasuk jasa Pekerja Seks Komersial (PSK) di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan mengambil tiga pasang informan PSK online dengan pelanggannya.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menemukan bahwa PSK mahasiswa menggunakan jenis media yang lebih bervariatif tanpa meninggalkan face to face sebelum praktek protitusi dilakukan. Penggunaan media didasari dengan motif-motif antara lain mengetahui identitas calon pelanggan, mengunggah foto dan identitas diri, menikmati profesinya serta melakukan persuasi terhadap calon pelanggan. Pada dasarnya semua informan mengakui bahwa dengan media online mereka bisa melakukan potong kompas dalam mencapai transaksi dan melindungi diri dari stigma negatif publik karena mereka tidak harus hadir dalam lokalisasi.en_US
dc.description.sponsorshipProdi Ilmu Komunikasi UMYen_US
dc.publisherBuku LiteranYogyakartaen_US
dc.subjectdigital marketingen_US
dc.subjectPSK onlineen_US
dc.subjectmedia onlineen_US
dc.subjectface to faceen_US
dc.titleFENOMENA PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) ONLINE DI YOGYAKARTAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • CONFERENCE
    Berisi artikel ilmiah (bukan sertifikat) yang ditulis oleh dosen pada acara konferensi baik lokal, nasional maupun internasional dengan penyelenggara dari luar UMY, baik sebagai peserta Call for Paper, presenter, narasumber maupun keynote speaker.

Show simple item record