Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, MARISKA INTAN
dc.contributor.authorRAHMAWATI, FITRIA
dc.date.accessioned2019-05-30T23:03:10Z
dc.date.available2019-05-30T23:03:10Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27089
dc.description.abstractRendahnya minat peserta didik di Sekolah Menengah Atas dalam menulis berbahasa Inggris merupakan permasalahan yang ditemukan di lapangan. Selain itu, permasalahan lain yang muncul di era teknologi maju adalah terjebaknya peserta didik dalam situs jejaring sosial yang jika tidak diantisipasi bisa berdampak negatif. Adapun solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan menulis teks naratif menggunakan aplikasi Storybird yang merupakan aplikasi berbasis web. Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk: 1) Memperkenalkan aplikasi berbasis web yang dapat mengembangkan minat dan kreatifitas peserta didik dalam menulis kreatif berbahasa Inggris, dan 2) Meningkatkan keterampilan peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas dalam menulis kreatif berbahasa Inggris, khususnya Narrative Genre Text. Sasaran umum dari kegiatan PKM ini adalah peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas XII. Adapun sekolah mitra yang dipilih untuk pelaksanaan program pengabdian ini adalah SMA Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta. Jumlah peserta adalah sebanyak 20 siswa/i dengan pemilihan peserta menggunakan random sampling. Sedangkan skill atau keterampilan berbahasa Inggris yang ditargetkan adalah writing skill atau kemampuan menulis berbahasa Inggris. Selain itu, software/aplikasi komputer yang akan digunakan adalah aplikasi storytelling berbasis web, yaitu Storybird. Metode yang digunakan adalah metode daring dan workshop dimana peserta didik akan diberikan materi tentang menulis naratif dan aplikasi yang akan digunakan secara daring terlebih dahulu di awal, kemudian setelah dirasa cukup dilanjutkan dengan praktek langsung (hands on practice) yang dilaksanakan di laboratorium komputer PUSKOM UMY. Manfaat yang dirasakan setelah berlangsungnya kegiatan ini adalah: 1) Bagi sekolah, sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan peserta didiknya, 2) Bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sebagai sarana untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang potensi dan layanan yang dapat diberikan, dan 3) Terjalinnya kerja sama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran di SMA. Adapun luaran yang dihasilkan dari PKM ini adalah Jurnal Abdimas, publikasi pada media online, dan kumpulan cerita digital.en_US
dc.description.sponsorshipLP3M UMYen_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectDigital Storytelling (DST), media pembelajaran, narrative texten_US
dc.titlePELATIHAN DIGITAL STORYTELLING BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI YOGYAKARTAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record