Show simple item record

dc.contributor.authorDarma, Emile Satia
dc.date.accessioned2019-05-31T14:20:35Z
dc.date.available2019-05-31T14:20:35Z
dc.date.issued2019-04-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27365
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi corporate governance pada bank syariah terhadap loyalitas nasabah bank syariah, khususnya dalam perspektif maqoshid syariah. Objek dalam penelitian ini adalah perbankan syariah di Yogyakarta dengan unit analisis adalah nasabah bank syariah. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling pada nasabah perbankan syariah di Yogyakarta. Sebanyak 162 responden digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software AMOS versi 22. Perspektif maqoshid syariah digunakan dalam corporate governance dengan tujuan untuk mewujudkan kemaslahatan manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut harus terpelihara lima unsur pokok yaitu terpeliharanya agama, jiwa, akal, kehormatan/keturunan, dan harta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel corporate governance menunjukkan variasi pengaruh terhadap loyalitas nasabah perbankan syariah. Variabel keadilan dan kepatuhan syariah (syariah compliance) berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah, namun variabel transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kemandirian tidak berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.subjectCorporate Governanceen_US
dc.subjectMaqoshid Syariahen_US
dc.subjectLoyalitas Nasabahen_US
dc.subjectBank Syariahen_US
dc.titlePengaruh Implementasi Corporate Governance Dalam Perspektif Maqoshid Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi pada Perbankan Syariah di Yogyakarta)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record