Show simple item record

dc.contributor.authorMUNTOHAR, AGUS SETYO
dc.date.accessioned2016-09-25T07:01:28Z
dc.date.available2016-09-25T07:01:28Z
dc.date.issued2014-11-01
dc.identifier.citationMuntohar et al. (2014). PENGEMBANGAN FONDASI PERKERASAN LENTUR JALAN DENGAN KOLOM ECO Si-CC PADA TANAH EKSPANSIF, Laporan Tahun I Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Universitas Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2743
dc.description.abstractPermasalahan yang sering dijumpai pada konstruksi yang dibangun di atas tanah lunak dan tanah ekspansif adalah penurunan tanah yang besar saat basah yang menyebabkan kuat dukung tanah yang sangat rendah, dan susut yang tinggi saat kering yang menyebabkan retakan pada tanah dasar dan permukaan perkerasan jalan. Untuk itu sistem fondasi untuk perkerasan jalan hendaknya memiliki kinerja yang lebih baik ditinjau dari aspek teknis (strength, stiffness, serviceability, stability, dan durability), maupun aspek ekonomisnya yang mencakup investasi awal dan biaya prawatan jangka panjang selama dioperasikan. Perbaikan tanah dengan menggunakan bahan dari limbah industri seperti abu terbang, limbah karbit, abu sekam padi dapat menjadi alternatif bahan perbaikan tanah. Pemanfaatan limbah industri tersebut dapat mengatasi permasalahan lingkungan dan memberikan keuntungan bagi pekerjaan konstruksi. Pada sisi lain, limbah karbit dan abu sekam padi adalah dua bahan yang cukup banyak dijumpai di Indonesia. Limbah karbit mengandung unsur kalsium hidroksida (Ca(OH)2) yang berpotensi sebagai bahan pembentuk pozzolan bila dicampur dengan unsur silica (SiO2) dari abu sekam padi. Untuk itu pemanfaatannya dalam bidang konstruksi seperti sebagai perbaikan tanah dasar jalan atau fondasi dapat memberikan keuntungan konstruksi untuk menciptakan konstruksi ramah linkungan atau green-construction. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan teknik kolom untuk struktur perkerasan lentur pada tanah ekspansif di laboratorium dan lapangan. Penelitian ini direncanakan untuk kurun waktu tiga tahun yang meliputi tahap pengujian model laboratorium, tahap pengujian model di lapangan (full scale), dan tahap monitoring serta evaluasi struktur perkerasan jalan. Pada tahun ke-1 penelitian bertujuan untuk mengkaji susunan kolom yang memberikan kuat dukung tanah yang tinggi, dan mengkaji karakteristik beban dan deformasi vertikal tanah dasar sebelum dan setelah pemasangan teknik kolom di laboratorium. Hasil penelitian pada tahun ke-1 telah disajikan pada Konferensi Nasional Teknik Sipil ke-8 dengan judul naskah PERILAKU BEBAN – DEFORMASI PELAT FLEKSIBEL DIDUKUNG DENGAN KOLOM-KOLOM ECO-SiCC DI TANAH EKSPANSIF yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 16–17 Oktober 2014, dan seminar internasional Southeast Asian Conference on Soft Soils and Ground Improvement (Soft Soils 2014) dengan judul naskah IMPROVEMENT OF EXPANSIVE SUBGRADE USING COLUMN TECHNIQUE OF CARBIDE LIME AND RICE HUSK ASH MIXTURES yang diselenggarkan di Bandung pada tanggal 21–23 Oktober 2014. Luaran penelitian lainnya berupa undangan sebagai Visiting Professor/Sciencetist dari Faculty of Engineering, Kasesart University di Bangkok, Thailand untuk periode Agustus – September 2014. Luaran penelitian lainnya berupa undangan sebagai Visiting Professor/Sciencetist dari Faculty of Engineering, Kasesart University di Bangkok, Thailand untuk periode Agustus – September 2014.en_US
dc.description.sponsorshipDP2M, Ditjen Dikti, Kementerian Pendidikan Tinggien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.subjecttanah ekspansifen_US
dc.subjectkolom SiCCen_US
dc.subjectperkerasan lenturen_US
dc.titlePENGEMBANGAN FONDASI PERKERASAN LENTUR JALAN DENGAN KOLOM ECO Si-CC PADA TANAH EKSPANSIFen_US
dc.typeTechnical Reporten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record