Show simple item record

dc.contributor.advisorSURYANDARI, GALUH
dc.contributor.authorAFIATI, NURUL
dc.date.accessioned2019-07-08T02:40:06Z
dc.date.available2019-07-08T02:40:06Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27770
dc.descriptionLatar Belakang: Perkembangan teknologi yang pesat memiliki andil dalam optimalisasi proses pembelajaran. Berbagai media penunjang dapat diberikan berupa media visual, audio maupun audiovisual. Pada program studi pendidikan dokter UMY menggunakan metode pembelajaran tutorial problem based learning. Terdapat angkatan yang menggunakan media audiovidual pada saat pembelajaran tutorial tetepi ada juga angkatan yang tidak diberikan paparan tersebut Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional yang menggunakan responden sebanyak 199 orang yang menjalani studi pendidikan dokter UMY yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi periode oktober – desember 2018. Responden mengisi kuesioner VAK (Visual Audio Kinestetik) utuk menilai gaya belajar yang dimiliki responden Hasil Penelitian : Didapatkan gaya belajar tertinggi pada angkatan 2015 adalah gaya belajar kinestetik sebesar 39,5% sedangkan angkatan 2016 didapatkan gaya belajar visual terbanyak dengan persentase 48,7% Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pemberian paparan media audiovisual dengan hasil pembelajaran tutorial (p>0,05). Pada responden dengan gaya belajar visual kinestetik dengan pemberian paparan media audiovisual maupun tidak memiliki hasil belajar yang paling tinggi.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Perkembangan teknologi yang pesat memiliki andil dalam optimalisasi proses pembelajaran. Berbagai media penunjang dapat diberikan berupa media visual, audio maupun audiovisual. Pada program studi pendidikan dokter UMY menggunakan metode pembelajaran tutorial problem based learning. Terdapat angkatan yang menggunakan media audiovidual pada saat pembelajaran tutorial tetepi ada juga angkatan yang tidak diberikan paparan tersebut Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional yang menggunakan responden sebanyak 199 orang yang menjalani studi pendidikan dokter UMY yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi periode oktober – desember 2018. Responden mengisi kuesioner VAK (Visual Audio Kinestetik) utuk menilai gaya belajar yang dimiliki responden Hasil Penelitian : Didapatkan gaya belajar tertinggi pada angkatan 2015 adalah gaya belajar kinestetik sebesar 39,5% sedangkan angkatan 2016 didapatkan gaya belajar visual terbanyak dengan persentase 48,7% Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pemberian paparan media audiovisual dengan hasil pembelajaran tutorial (p>0,05). Pada responden dengan gaya belajar visual kinestetik dengan pemberian paparan media audiovisual maupun tidak memiliki hasil belajar yang paling tinggi.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subject: audiovisual, medical student, learning styles, learning outcomeen_US
dc.titlePERFORMA MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN TUTORIAL PROBLEM BASED LEARNING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 080en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record