Show simple item record

dc.contributor.advisorMUALLIDIN, ISNAINI
dc.contributor.authorHANDAYANI, FRANSISKA KARINA
dc.date.accessioned2019-07-15T01:15:29Z
dc.date.available2019-07-15T01:15:29Z
dc.date.issued2019-03-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28002
dc.description.abstractSistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi berupa gambaran serta laporan. Dalam sistem informasi manajemen dapat menghasilkan suatu informasi yang mana dapat menunjang suatu pengambilan keputusan serta pengendalian dalam sebuah organisasi. Sistem Informasi Manajemen Tata Ruang e-Singmantap yaitu merupakan merupakan sebuah website resmi mengenai sistem informasi manajemen tata ruang. merupakan sebuah website resmi mengenai sistem informasi manajemen tata ruang. E-Singmantap merupakan suatu pelayanan perizinana pemanfaatan tata ruang yang sudah berbasis elektronik. Pelayanan publik e-Singmantap ini baru diterapkan di Kabupaten Jepara pada tahun 2017. Masih terdapat banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya pelayanan publik e-Singmantap tersebut karena belum adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, untuk mendeskripsikan efektivitas sistem informasi manajemen tata ruang e-Singmantap di Kabupaten Jepara. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan Teknik tersebut peneliti akan menemukan jawaban mengenai efektivitas sistem informasi manajemen tata ruang e-Singmantap dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Jepara.. Dalam melakukan penelitian efektivitas sistem informasi manajemen enggunakan teori DeLone dan McLean yag didalamnya memiliki infikator yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, Kepuasan Pemakai, dan Penggunaan. Efektivitas sitem informasi manajemen tata ruang e-Singmantap dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Jepara dapat dikatakan cukup efektiv dalam segi kualitas sistem dan kualitas informasi. namun dalam segi penggunaan dan kepuasan kurang efektiv karena terkendala dari pihak pengguna atau masyarakat yang tidak mengetahui adanya e-Singmantap, serta masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya paham dengan penggunaan e-Singmantap karena tidak adanya sosialisasi yang diberikan oleh pemerintah, namun dengan adanya e-Singmantap dapat meningkatkan penggunaan permohonan perizinanan tata ruang tiap tahunnya. Pemerintah diharapkan mampu memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan adaya pelayanan publik mengenai permohonan informasi pemanfaatan tata ruang secara elektronik. Demi menjaga efektivitas Sistem Informasi Manajemen Tata Ruang e-Singmantap pemerintah juga diharapkandapat memberikan informasi yang cepat, tepat, dan mudah diterima oleh masyarakat. Kepada masyarakat atau pengguna dari e-Singmantap dapat menerima adanya pelayanan publik yang sudah berbasis elektronik dan diharapkan masyarakat dapat menggunakan mendukung dan menggunakan sistem informasi tersebut dengan tepat.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectSistem Informasi Manajemen, Pelayanan Publik, E-govermenten_US
dc.titleEFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TATA RUANG E-SINGMANTAP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2017-2018en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 122en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record