dc.contributor.advisor | RAHARJO, ARIF BUDI | |
dc.contributor.author | AHSAN, MUH AKMAL | |
dc.date.accessioned | 2019-07-15T02:08:16Z | |
dc.date.available | 2019-07-15T02:08:16Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28019 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui konsep pendidikan profetik di Pondok Pesantren SMA Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta, 2) Mengetahui implementasi nilai-nilai profetik di Pondok Pesantren SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian 3 siswa SMA dan 2 guru SMA MBS serta bagian kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan mengumpulkan data berdasarkan fakta-fakta yang ada ataupun dengan pengamatan yang telah dilakukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Belum ada konsep tekstual yang membahas mengenai pendidikan profetik di pondok pesantren MBS Yogyakarta. Sementara itu, kurikulum yang dipakai oleh pondok pesantren MBS Yogayakarta sudah sesuai dengan konsep dan nilai profetik. 2) Muatan nilai profetik yang paling menonjol dalam proses internalisasi, implementasi dan hasil ialah nilai transendensi. Implementasi nilai profetik dilakukan dengan mengadakan program sekolah yang sesuai dengan kurikulum. 3) Metode yang dipakai dalam proses internalisasi pendidikan profetik ialah dengan pembiasaan dan keteladanan. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui konsep pendidikan profetik di Pondok Pesantren SMA Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta, 2) Mengetahui implementasi nilai-nilai profetik di Pondok Pesantren SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian 3 siswa SMA dan 2 guru SMA MBS serta bagian kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan mengumpulkan data berdasarkan fakta-fakta yang ada ataupun dengan pengamatan yang telah dilakukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Belum ada konsep tekstual yang membahas mengenai pendidikan profetik di pondok pesantren MBS Yogyakarta. Sementara itu, kurikulum yang dipakai oleh pondok pesantren MBS Yogayakarta sudah sesuai dengan konsep dan nilai profetik. 2) Muatan nilai profetik yang paling menonjol dalam proses internalisasi, implementasi dan hasil ialah nilai transendensi. Implementasi nilai profetik dilakukan dengan mengadakan program sekolah yang sesuai dengan kurikulum. 3) Metode yang dipakai dalam proses internalisasi pendidikan profetik ialah dengan pembiasaan dan keteladanan. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Nilai, Pendidikan, Profetik, Pendidikan Profetik | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MODERN SMA MBS YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
161 | en_US |