Show simple item record

dc.contributor.advisorSHODIQ, SADAM FAJAR
dc.contributor.authorWAHYUDI, MUHAMMAD FAJRUL FALAKH
dc.date.accessioned2019-08-01T01:51:24Z
dc.date.available2019-08-01T01:51:24Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28213
dc.descriptionSemakin maju perkembangan zaman, kadang seorang murid lupa akan adabnya sebagai pencari ilmu. Padahal adab merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep adab dan strategi pencapaian seorang murid dalam belajar, khususnya adalah belajar ilmu syar’i. Pembahasan tentang ini ada dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Penejelasan dimaksudkan untuk menemukan konsep adab dan strategi pencapaian menurut Bakr bin Abdullah yang nantinya akan dapat mempermudah murid dalam mendapatkan ilmu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dan mengunkan studi konsep. Dalam analisisnya, peneliti mengunakan analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan cara menganalisis data atau makna yang terkandung dalam gagasan Bakr bin Abdullah tentang konsep adab dan strategi pencapaiannya dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep adab seorang murid menurut Bakr bin Abdullah yaitu: 1) adab seorang murid terhadap diri sendiri, yang terdiri dari 15 konsep. 2) adab seorang murid dalam mencari ilmu dan tata cara mendapatkan ilmu, yang terdiri dari dua konsep. 3) adab seorang murid terhadap seorang guru, yang terdiri dari enam konsep. 4) adab berteman seorang murid, yang terdiri dari satu konsep. 5) adab seorang murid dalam kehidupan ilmiah, yang terdiri dari 20 konsep. Strategi pencapaian konsep adab seorang murid dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan berhias denngan amal positif, yang terdiri dari 9 konsep dan menjauhi penyakit atau perbuatan negatif, yang terdiri dari 13 konsep.en_US
dc.description.abstractSemakin maju perkembangan zaman, kadang seorang murid lupa akan adabnya sebagai pencari ilmu. Padahal adab merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep adab dan strategi pencapaian seorang murid dalam belajar, khususnya adalah belajar ilmu syar’i. Pembahasan tentang ini ada dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Penejelasan dimaksudkan untuk menemukan konsep adab dan strategi pencapaian menurut Bakr bin Abdullah yang nantinya akan dapat mempermudah murid dalam mendapatkan ilmu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dan mengunkan studi konsep. Dalam analisisnya, peneliti mengunakan analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan cara menganalisis data atau makna yang terkandung dalam gagasan Bakr bin Abdullah tentang konsep adab dan strategi pencapaiannya dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep adab seorang murid menurut Bakr bin Abdullah yaitu: 1) adab seorang murid terhadap diri sendiri, yang terdiri dari 15 konsep. 2) adab seorang murid dalam mencari ilmu dan tata cara mendapatkan ilmu, yang terdiri dari dua konsep. 3) adab seorang murid terhadap seorang guru, yang terdiri dari enam konsep. 4) adab berteman seorang murid, yang terdiri dari satu konsep. 5) adab seorang murid dalam kehidupan ilmiah, yang terdiri dari 20 konsep. Strategi pencapaian konsep adab seorang murid dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan berhias denngan amal positif, yang terdiri dari 9 konsep dan menjauhi penyakit atau perbuatan negatif, yang terdiri dari 13 konsep.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKonsep, Adab, Murid, Bakr bin Abdullah.en_US
dc.titleKONSEP PEDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-MAWARDI DAN IBNU TAIMIYAHen_US
dc.typeThesis SKR 028en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record