dc.contributor.advisor | SHODIQ, SADAM FAJAR | |
dc.contributor.author | WAHYUDI, MUHAMMAD FAJRUL FALAKH | |
dc.date.accessioned | 2019-08-01T01:51:24Z | |
dc.date.available | 2019-08-01T01:51:24Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28213 | |
dc.description | Semakin maju perkembangan zaman, kadang seorang murid lupa akan adabnya sebagai pencari ilmu. Padahal adab merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep adab dan strategi pencapaian seorang murid dalam belajar, khususnya adalah belajar ilmu syar’i. Pembahasan tentang ini ada dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Penejelasan dimaksudkan untuk menemukan konsep adab dan strategi pencapaian menurut Bakr bin Abdullah yang nantinya akan dapat mempermudah murid dalam mendapatkan ilmu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dan mengunkan studi konsep. Dalam analisisnya, peneliti mengunakan analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan cara menganalisis data atau makna yang terkandung dalam gagasan Bakr bin Abdullah tentang konsep adab dan strategi pencapaiannya dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep adab seorang murid menurut Bakr bin Abdullah yaitu: 1) adab seorang murid terhadap diri sendiri, yang terdiri dari 15 konsep. 2) adab seorang murid dalam mencari ilmu dan tata cara mendapatkan ilmu, yang terdiri dari dua konsep. 3) adab seorang murid terhadap seorang guru, yang terdiri dari enam konsep. 4) adab berteman seorang murid, yang terdiri dari satu konsep. 5) adab seorang murid dalam kehidupan ilmiah, yang terdiri dari 20 konsep. Strategi pencapaian konsep adab seorang murid dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan berhias denngan amal positif, yang terdiri dari 9 konsep dan menjauhi penyakit atau perbuatan negatif, yang terdiri dari 13 konsep. | en_US |
dc.description.abstract | Semakin maju perkembangan zaman, kadang seorang murid lupa akan adabnya sebagai pencari ilmu. Padahal adab merupakan komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep adab dan strategi pencapaian seorang murid dalam belajar, khususnya adalah belajar ilmu syar’i. Pembahasan tentang ini ada dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Penejelasan dimaksudkan untuk menemukan konsep adab dan strategi pencapaian menurut Bakr bin Abdullah yang nantinya akan dapat mempermudah murid dalam mendapatkan ilmu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dan mengunkan studi konsep. Dalam analisisnya, peneliti mengunakan analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan cara menganalisis data atau makna yang terkandung dalam gagasan Bakr bin Abdullah tentang konsep adab dan strategi pencapaiannya dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep adab seorang murid menurut Bakr bin Abdullah yaitu: 1) adab seorang murid terhadap diri sendiri, yang terdiri dari 15 konsep. 2) adab seorang murid dalam mencari ilmu dan tata cara mendapatkan ilmu, yang terdiri dari dua konsep. 3) adab seorang murid terhadap seorang guru, yang terdiri dari enam konsep. 4) adab berteman seorang murid, yang terdiri dari satu konsep. 5) adab seorang murid dalam kehidupan ilmiah, yang terdiri dari 20 konsep. Strategi pencapaian konsep adab seorang murid dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan berhias denngan amal positif, yang terdiri dari 9 konsep dan menjauhi penyakit atau perbuatan negatif, yang terdiri dari 13 konsep. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Konsep, Adab, Murid, Bakr bin Abdullah. | en_US |
dc.title | KONSEP PEDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-MAWARDI DAN IBNU TAIMIYAH | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
028 | en_US |