Show simple item record

dc.contributor.advisorHARIS, FAHNI
dc.contributor.authorYUSRIAN, SRI
dc.date.accessioned2019-08-31T02:59:36Z
dc.date.available2019-08-31T02:59:36Z
dc.date.issued2019-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28488
dc.descriptionKuliah online (e-learning) merupakan salah satu trobosan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Terkait tingkat efektivitas penggunaan e-learning system terhadap pemahaman mahasiswa masih dalam tingkatan yang cukup. Tingkat pemahaman yang cukup dapat terjadi akibat kemampuan interpretasi dan ekstrapolasi yang rendah pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan efektivitas kuliah berbasis online (e-learning) terhadap pemahaman mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menyatakan tingkat efektivitas kuliah berbasis online pada mahasiswa Ilmu Keperawatan UMY sudah efektif. 85,8% dari total 288 responden. Tingkat pemahaman mahasiswa dalam kategori cukup, dibuktikan dengan 41,7% mahasiswa menyatakan tingkat pemahaman mereka dalam rentang cukup. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa tingkat efektivitas metode pembelajaran menggunakan E-Learning memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa, terbukti dengan p value = 0,000 (<0,005). Saran dalam penelitian yaitu penggunaan koneksi internet yang lebih dimaksimalkan kembali guna mengoptimalkan proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan pemahaman.en_US
dc.description.abstractOnline learning (e-learning) is one of new breakthroughs in world of education in Indonesia. Regarding the level effectiveness of using e-learning systems for students' understanding is still at a sufficient level. A sufficient level of understanding can occur due to low interpretation and extrapolation abilities in students. The purpose in this study is to determined relationship between effectiveness of online-based learning (e-learning) on student understanding at Muhammadiyah University of Yogyakarta. The research design used in this study is quantitative with cross sectional approach using Pearson product moment correlation test. The results of the study stated that the effectiveness of online-based learning in UMY Nursing students was effective 85.8% of the total 288 respondents. The level of students’ understanding is in sufficient category, evidenced by 41.7% of students stating their level of understanding in a sufficient range. The conclusion of the study states that level effectiveness of learning methods using E-Learning has a significant relationship to the level of understanding on students, as evidenced by the p value = 0,000 (<0.005). Suggestions in this research are for using of an internet connection that is more maximized again to optimize the learning process, so that it can improve the understanding.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectE-Learning, Effectiveness, Understandingen_US
dc.titleHUBUNGAN EFEKTIVITAS KULIAH BERBASIS ONLINE (E-LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 251en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record