dc.contributor.advisor | HARIS, FAHNI | |
dc.contributor.author | YUSRIAN, SRI | |
dc.date.accessioned | 2019-08-31T02:59:36Z | |
dc.date.available | 2019-08-31T02:59:36Z | |
dc.date.issued | 2019-05-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28488 | |
dc.description | Kuliah online (e-learning) merupakan salah satu trobosan baru dalam dunia
pendidikan di Indonesia. Terkait tingkat efektivitas penggunaan e-learning system
terhadap pemahaman mahasiswa masih dalam tingkatan yang cukup. Tingkat
pemahaman yang cukup dapat terjadi akibat kemampuan interpretasi dan ekstrapolasi
yang rendah pada mahasiswa.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan efektivitas kuliah
berbasis online (e-learning) terhadap pemahaman mahasiswa di Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
dengan pendekatan cross sectional menggunakan uji korelasi pearson product
moment.
Hasil penelitian menyatakan tingkat efektivitas kuliah berbasis online pada
mahasiswa Ilmu Keperawatan UMY sudah efektif. 85,8% dari total 288 responden.
Tingkat pemahaman mahasiswa dalam kategori cukup, dibuktikan dengan 41,7%
mahasiswa menyatakan tingkat pemahaman mereka dalam rentang cukup.
Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa tingkat efektivitas metode
pembelajaran menggunakan E-Learning memiliki hubungan yang signifikan terhadap
tingkat pemahaman mahasiswa, terbukti dengan p value = 0,000 (<0,005).
Saran dalam penelitian yaitu penggunaan koneksi internet yang lebih
dimaksimalkan kembali guna mengoptimalkan proses pembelajaran, sehingga dapat
meningkatkan pemahaman. | en_US |
dc.description.abstract | Online learning (e-learning) is one of new breakthroughs in world of
education in Indonesia. Regarding the level effectiveness of using e-learning systems
for students' understanding is still at a sufficient level. A sufficient level of
understanding can occur due to low interpretation and extrapolation abilities in
students.
The purpose in this study is to determined relationship between effectiveness
of online-based learning (e-learning) on student understanding at Muhammadiyah
University of Yogyakarta.
The research design used in this study is quantitative with cross sectional
approach using Pearson product moment correlation test.
The results of the study stated that the effectiveness of online-based learning
in UMY Nursing students was effective 85.8% of the total 288 respondents. The level
of students’ understanding is in sufficient category, evidenced by 41.7% of students
stating their level of understanding in a sufficient range.
The conclusion of the study states that level effectiveness of learning methods
using E-Learning has a significant relationship to the level of understanding on
students, as evidenced by the p value = 0,000 (<0.005).
Suggestions in this research are for using of an internet connection that is
more maximized again to optimize the learning process, so that it can improve the
understanding. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | E-Learning, Effectiveness, Understanding | en_US |
dc.title | HUBUNGAN EFEKTIVITAS KULIAH BERBASIS ONLINE (E-LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
251 | en_US |