Show simple item record

dc.contributor.advisorPUSPITOSARI, WARIH ANDAN
dc.contributor.authorALHIJRI, MUHAMMAD HABIB MAULANA
dc.date.accessioned2019-09-02T03:25:11Z
dc.date.available2019-09-02T03:25:11Z
dc.date.issued2019-05-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28545
dc.descriptionTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas permainan “Mono-Aksi (Monopoli Interaksi)” terhadap peningkatan skor interaksi sosial pada anak di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan mengisi kuesioner Interaksi Sosial Teman Sebaya karya Rahmawati (2016). Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment/Eksperimen Semu dengan rancangan Pre test-Post test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa atau siswi kelas 4 SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Analisa data menggunakan Analisis deskriptif menggunakan program SPSS. Berdasarkan analisis SPSS didapatkan hasil sebagai berikut: Hasil berdasarkan Uji Wilcoxon: Kelas Intervensi Pretest – postest Sig. (2-tailed) sebesar 0,178 yang berarti tidak signifikan; Hasil berdasarkan Uji Paired Sample T Test: Kelas Kontrol Pretest – postest Sig. (2-tailed) sebesar 0,063 yang berarti tidak signifikan; Hasil berdasarkan Uji Mann Whitney: Selisih Pretest-Posttest Kelas Intervensi dengan selisih Pretest-Posttest Kelas Kontrol Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,551 yang berarti tidak signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat efektifitas permainan Mono-aksi (Monopoli Interaksi) terhadap skor interaksi sosial pada anak di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul.en_US
dc.description.abstractThe goal of this research is to know how effective is “Mono-Aksi (Interaction Monopoly)” to increasing Social interaction score of children at Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul Elementary school. This research uses Rahmawati‟s (2016) Interaksi Sosial Teman Sebaya quetionnaire as collecting data instrument. This research type is Quasy Experiment with Pre test-Post test design. The population of this research is students at Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul Elementary School. The data analyze uses Descriptive Analysis at SPSS program. Based on SPSS analysis the results are as follows: Based on Wilcoxon test: Intervention Class Pretest-Postest Sig. (2-tailed) the result is 0,178 which means unsignificant; Based on Paired Sample T test: Control Class Pretest-Posttest Sig. (2-tailed) the result is 0,063 which means unsignificant; Based on Mann Whitney test: differences between Intervention Class Pretest-Posttest compared with difference between Control Class Pretest-Posttest Asymp. Sig. (2-tailed) the result is 0,551 which means unsignificant. The results of this research show that there aren‟t Mono-aksi (Interaction Monopoly) effectivity for increasing social interaction score in children at Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul Elementary School.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectMono-Aksi game, Monopoly, social interaction scoreen_US
dc.titleEFEKTIFITAS PERMAINAN “MONO-AKSI (MONOPOLI INTERAKSI)” TERHADAP SKOR INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 216en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record