dc.contributor.advisor | PUSPITOSARI, WARIH ANDAN | |
dc.contributor.author | ALHIJRI, MUHAMMAD HABIB MAULANA | |
dc.date.accessioned | 2019-09-02T03:25:11Z | |
dc.date.available | 2019-09-02T03:25:11Z | |
dc.date.issued | 2019-05-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28545 | |
dc.description | Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas permainan “Mono-Aksi (Monopoli Interaksi)” terhadap peningkatan skor interaksi sosial pada anak di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan mengisi kuesioner Interaksi Sosial Teman Sebaya karya Rahmawati (2016). Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment/Eksperimen Semu dengan rancangan Pre test-Post test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa atau siswi kelas 4 SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Analisa data menggunakan Analisis deskriptif menggunakan program SPSS. Berdasarkan analisis SPSS didapatkan hasil sebagai berikut: Hasil berdasarkan Uji Wilcoxon: Kelas Intervensi Pretest – postest Sig. (2-tailed) sebesar 0,178 yang berarti tidak signifikan; Hasil berdasarkan Uji Paired Sample T Test: Kelas Kontrol Pretest – postest Sig. (2-tailed) sebesar 0,063 yang berarti tidak signifikan; Hasil berdasarkan Uji Mann Whitney: Selisih Pretest-Posttest Kelas Intervensi dengan selisih Pretest-Posttest Kelas Kontrol Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,551 yang berarti tidak signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat efektifitas permainan Mono-aksi (Monopoli Interaksi) terhadap skor interaksi sosial pada anak di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. | en_US |
dc.description.abstract | The goal of this research is to know how effective is “Mono-Aksi (Interaction Monopoly)” to increasing Social interaction score of children at Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul Elementary school. This research uses Rahmawati‟s (2016) Interaksi Sosial Teman Sebaya quetionnaire as collecting data instrument. This research type is Quasy Experiment with Pre test-Post test design. The population of this research is students at Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul Elementary School. The data analyze uses Descriptive Analysis at SPSS program. Based on SPSS analysis the results are as follows: Based on Wilcoxon test: Intervention Class Pretest-Postest Sig. (2-tailed) the result is 0,178 which means unsignificant; Based on Paired Sample T test: Control Class Pretest-Posttest Sig. (2-tailed) the result is 0,063 which means unsignificant; Based on Mann Whitney test: differences between Intervention Class Pretest-Posttest compared with difference between Control Class Pretest-Posttest Asymp. Sig. (2-tailed) the result is 0,551 which means unsignificant. The results of this research show that there aren‟t Mono-aksi (Interaction Monopoly) effectivity for increasing social interaction score in children at Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul Elementary School. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Mono-Aksi game, Monopoly, social interaction score | en_US |
dc.title | EFEKTIFITAS PERMAINAN “MONO-AKSI (MONOPOLI INTERAKSI)” TERHADAP SKOR INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
216 | en_US |