dc.contributor.advisor | KHILMIYAH,AKIF | |
dc.contributor.author | DZULFAHMI, ALAUDDIN | |
dc.date.accessioned | 2019-09-02T06:28:08Z | |
dc.date.available | 2019-09-02T06:28:08Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28574 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan program pendidikan karakter di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan mixed methode dengan jenis evaluative expost facto. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman dengan empat tahapan, yaitu reduksi, penyajian, kesimpulan, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriftif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pendidikan karakter di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta sebagai berikut: 1. Evaluasi konteks bernilai baik yang meliputi aspek sejarah, penentuan rumusan, pematangan ide, dokumentasi, dan sosialisasi program. 2. Evaluasi input bernilai cukup baik yang meliputi aspek ujian masuk siswa, kriteria ujian masuk siswa, alur seleksi guru, kriteria seleksi guru, dan sarana/prasarana. 3. Evaluasi proses bernilai baik dengan meliputi aspek materi, proses pelaksanaan, metode, media, dan sistem penilaian. 4. Evaluasi produk memiliki capaian 76% untuk tujuan kejujuran, 73% untuk tujuan ibadah, 73% untuk tujuan sosial, 70% untuk tujuan kedisiplinan, dan 64% untuk tujuan semangat menuntut ilmu.
Sehingga dengan hasil yang telah ada maka evaluasi program pendidikan di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta ini dapat dikatakan baik dan program pendidikan karakter tersebut dapat dilanjutkan. Namun masih ada beberapa masukan yang direkomendasikan yaitu terkait dengan pelatihan bagi calon guru atau guru baru, metode dan media yang digunakan, sistem penilaian dan perlu adanya peningkatan dalam tujuan yang ingin dicapai terkhusus aspek tujuan semangat menuntut ilmu. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan program pendidikan karakter di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan mixed methode dengan jenis evaluative expost facto. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman dengan empat tahapan, yaitu reduksi, penyajian, kesimpulan, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriftif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pendidikan karakter di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta sebagai berikut: 1. Evaluasi konteks bernilai baik yang meliputi aspek sejarah, penentuan rumusan, pematangan ide, dokumentasi, dan sosialisasi program. 2. Evaluasi input bernilai cukup baik yang meliputi aspek ujian masuk siswa, kriteria ujian masuk siswa, alur seleksi guru, kriteria seleksi guru, dan sarana/prasarana. 3. Evaluasi proses bernilai baik dengan meliputi aspek materi, proses pelaksanaan, metode, media, dan sistem penilaian. 4. Evaluasi produk memiliki capaian 76% untuk tujuan kejujuran, 73% untuk tujuan ibadah, 73% untuk tujuan sosial, 70% untuk tujuan kedisiplinan, dan 64% untuk tujuan semangat menuntut ilmu.
Sehingga dengan hasil yang telah ada maka evaluasi program pendidikan di SMA MBS 1 Putra Yogyakarta ini dapat dikatakan baik dan program pendidikan karakter tersebut dapat dilanjutkan. Namun masih ada beberapa masukan yang direkomendasikan yaitu terkait dengan pelatihan bagi calon guru atau guru baru, metode dan media yang digunakan, sistem penilaian dan perlu adanya peningkatan dalam tujuan yang ingin dicapai terkhusus aspek tujuan semangat menuntut ilmu. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Evaluasi, Pendidikan Karakter, dan Pondok Pesantren | en_US |
dc.title | EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PONDOK PESANTREN DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL 1 PUTRA YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
267 | en_US |