dc.contributor.advisor | ZULFIAR, MUHAMMAD HERI | |
dc.contributor.author | SYAHMUNAKHWA, FIKRI | |
dc.date.accessioned | 2019-09-04T02:36:36Z | |
dc.date.available | 2019-09-04T02:36:36Z | |
dc.date.issued | 2019-07-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28621 | |
dc.description | Proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport dikerjakan dengan cepat guna
memenuhi target selesai bulan September 2019. Dengan waktu yang singkat ini, kemungkinan terjadinya
kecelakaan kerja sangat tinggi. Oleh karena itu, diperlukan suatu analisis risiko kecelakaan kerja agar
nantinya dapat diketahui potensi risiko yang dapat terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan SMK3 di PT XY dan untuk mengetahui tingkat risiko kecelakaan kerja pada
pekerjaan timbunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif. Data
yang diambil adalah data primer dan sekunder dimana data primernya adalah wawancara langsung dan
berbentuk kuesioner, dokumentasi di lapangan, dan pengamatan. Untuk data sekunder diambil dari instansi
terkait. Komponen yang diteliti adalah penerapan SMK3 dari perusahaan, pendapat pekerja mengenai risiko
kecelakaan kerja, dan kondisi di proyek selama pengamatan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan
bahwa penerapan SMK3 di perusahaan sudah baik. PT XY sudah berusaha menerapkan SMK3 mulai dari
penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), pemasangan rambu larangan dan peringatan, kemudian melakukan
inspeksi rutin ke lapangan setiap hari. Hasil dari analisis risiko kecelakaan kerja pada pekerjaan timbunan
didapat nilai rata-rata sebesar 6,17 (kategori level sedang). Nilai rata-rata dari setiap sub pekerjaan
timbunan didapat nilai untuk pekerjaan pengangkutan 6,34 (sedang), pembuangan 6,07 (sedang),
pengukuran 7,93 (sedang), penghamparan 5,38 (sedang), dan pemadatan 5,13 (sedang). | en_US |
dc.description.abstract | New Yogyakarta International Airport development project did fastly for accomplish the target
finished on September 2019. With time shortly, the risk of accident is very high. So that, it needed risk of
accident analysis to know rsk of potential that it might happen. The purpose from this research is to know
the implementation SMK3 in PT XY and for to know job accident in fill job. Data collection method in this
research used qualitative method. Data collection method is primary data and secondary data which the
primary data is the face-to-face interview an questionnaire, field documentation, and observation. For
secondary data taken from related institution. The component ehich excamine in SMK3 implementation
from the company, employear’s opinion about job accident risk and the condition in project during
observation. This research produced the conclution of the implementation SMK3 in company is good. PT
XY have been given effort to implement SMK3 starting from providing Personal Protective Equipment
(PPE), Assembly prohibition and warning signal, doing field’s regular inspection everyday. The result from
the job accident risk analysis on fill job has average 6,17 (medium level category). The average value for
each sub-job is obtained by the average value of the hauling work 6,34 (medium), dumping work (medium),
measurement work 7,93 (medium), overlay work 5,38 (medium), and compaction work 5,13 (medium). | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | occupation safety and health, risk analysis, SMK3, workplace accident | en_US |
dc.title | ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PENGERJAAN INFRASTRUKTUR BANDAR UDARA BARU DI KULON PROGO | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
299 | en_US |