dc.contributor.advisor | HASAN, YUSUF A. | |
dc.contributor.author | RABBI, MIM FADLI | |
dc.date.accessioned | 2019-09-10T01:48:14Z | |
dc.date.available | 2019-09-10T01:48:14Z | |
dc.date.issued | 2019-02-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28725 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji Kitab Tanwῑr al-Miqbᾱs min Tafsῑr Ibni Abbᾱs tentang nilai-nilai akhlak pada Q.S. al-Furqan/25: 63-67, serta untuk mengetahui relevansinnya dengan pendidikan karakter yang ada di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan menghimpun data dari sumber primer dan sekunder. Metode analisis data berupa konten-analisis dengan menggunakan pendekatan tafsir tahlily yang dirumuskan oleh Abd al-Hayy al-Farmawi.
Kesimpulan penelitian ini adalah, Ada beberapa nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Q.S. al-Furqan/25: 63-67. Nilai-nilai akhlak tersebut mencakup perilaku tawadhu, yang berarti rendah hati. Rendah hati seyogyanya dimiliki orang beriman karena merupakan pakaian orang-orang beriman, sehingga pula meninggikan derajat seorang hamba di hadapan Allah Swt. Pada ayat ini seorang hamba juga harus memiliki akhlak kepada Tuhannya. Ketika seorang yang sudah menghiasi dirinya dengan akhlak terpuji, memiliki pengetahuan yang luas, maka setidaknya ketaqwaannya semakin meningkat. Salah satu bentuk ketaqwaan yang meningkat ialah mampu bangun melaksanakan shalat malam, sebagai bagian muraqabah (mendekatkan) diri kepada sang khaliq Allah Swt. Nilai-nilai akhlak yang terdapat pada Q.S. al-Furqan/25: 63-67 jika dihubungkan dengan pendidikan karakter yang ada di Indonesia maka memiliki relevansi yang kuat. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji Kitab Tanwῑr al-Miqbᾱs min Tafsῑr Ibni Abbᾱs tentang nilai-nilai akhlak pada Q.S. al-Furqan/25: 63-67, serta untuk mengetahui relevansinnya dengan pendidikan karakter yang ada di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan menghimpun data dari sumber primer dan sekunder. Metode analisis data berupa konten-analisis dengan menggunakan pendekatan tafsir tahlily yang dirumuskan oleh Abd al-Hayy al-Farmawi.
Kesimpulan penelitian ini adalah, Ada beberapa nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Q.S. al-Furqan/25: 63-67. Nilai-nilai akhlak tersebut mencakup perilaku tawadhu, yang berarti rendah hati. Rendah hati seyogyanya dimiliki orang beriman karena merupakan pakaian orang-orang beriman, sehingga pula meninggikan derajat seorang hamba di hadapan Allah Swt. Pada ayat ini seorang hamba juga harus memiliki akhlak kepada Tuhannya. Ketika seorang yang sudah menghiasi dirinya dengan akhlak terpuji, memiliki pengetahuan yang luas, maka setidaknya ketaqwaannya semakin meningkat. Salah satu bentuk ketaqwaan yang meningkat ialah mampu bangun melaksanakan shalat malam, sebagai bagian muraqabah (mendekatkan) diri kepada sang khaliq Allah Swt. Nilai-nilai akhlak yang terdapat pada Q.S. al-Furqan/25: 63-67 jika dihubungkan dengan pendidikan karakter yang ada di Indonesia maka memiliki relevansi yang kuat. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Nilai-nilai akhlak, Q.S. al-Furqan/25: 63-67, pendidikan karakter. | en_US |
dc.title | NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KITAB TANWῙR AL-MIQBᾹS MIN TAFSῙR IBNI ABBᾹS | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
041 | en_US |