Show simple item record

dc.contributor.advisorSETIAWAN, DIAN
dc.contributor.authorWIDYANTO, BAYU ADITHYA
dc.date.accessioned2019-09-11T06:39:06Z
dc.date.available2019-09-11T06:39:06Z
dc.date.issued2019-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28761
dc.descriptionTingginya biaya pemeliharaan pada konstruksi jalan rel adalah salah satu permasalahan di Indonesia. Modifikasi campuran aspal pada lapisan balas diharapkan dapat meningkatkan durabilitas struktur lapisan balas sehingga biaya pemeliharaan dapat diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi aspal terhadap lapisan balas berdasarkan berat, deformasi vertikal, tegangan, regangan, modulus elastisitas, dan abrasi pada balas. Aspal yang digunakan pada penelitian ini adalah aspal penetrasi 60/70. Sampel pada penelitian ini adalah balas bersih, balas kotor, balas bersih + 2% aspal 1 lapis, balas kotor + 2% aspal 1 lapis, balas bersih + 2% aspal 3 lapis, dan balas kotor + 2% aspal 3 lapis. Cetakan yang digunakan berbentuk box dengan dimensi 400 x 200 x 300 mm. Metode pemadatan manual dilakukan sebanyak 50 kali pada sepertiga lapisan balas. Pengujian tekan dilakukan sebanyak 2 siklus dengan beban 4000 kg menggunakan alat Micro-computer Universal Testing Machine (UTM). Hasil pengujian membuktikan bahwa sampel balas kotor + 2% aspal 1 lapis dapat mengalami perubahan nilai deformasi vertikal dan modulus elastisitas terbesar pada pembebanan siklus 2. Secara keseluruhan modifikasi aspal penetrasi 60/70 sebanyak 2% pada lapisan balas meningkatkan deformasi vertikal dan menurunkan nilai modulus elastisitas pada lapisan balas, namun dapat mengurangi nilai abrasi yang terjadi pada lapisan balas.en_US
dc.description.abstractThe high maintenance cost of railroad construction is one of the problems in Indonesia. Modification of the ballast layer with asphalt mixture is expected to increase the durability of the ballast layer structure so that maintenance costs can be minimized. This study aims to determine the effect of modification of the ballast layer with asphalt based on weight, vertical deformation, stress, strain, modulus of elasticity, and abrasion on the ballast layer. The asphalt used in this study is asphalt penetration 60/70. The samples in this study were clean ballast, fouled ballast, clean ballast + 2% asphalt in 1 layer, fouled ballast + 2% asphalt in 1 layer, clean ballast + 2% asphalt in 3 layers, and fouled ballast + 2% asphalt in 3 layers. Mold used box with dimensions of 400 x 200 x 300 mm. The manual compaction method is carried out 50 times on one third of the ballast layer. Compressive test was conducted in 2 cycles with a 4000 kg load using the Micro-computer Universal Testing Machine (UTM). The test results prove that fouled ballast + 2% asphalt in 1 layer gets the highest value change in vertical deformation and modulus of elasticity in cycle 2. Overall modification of ballast layer with 2% asphalt penetration 60/70 increases vertical deformation and decreases the modulus of elasticity in the ballast layer, but can reduce the abrasion value that occurs in the ballast layer.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectasphalt ballast, ballast abrasion, ballast modification, modulus of elasticity, vertical deformation.en_US
dc.titleMODIFIKASI STRUKTUR LAPISAN BALAS DENGAN CAMPURAN 2% ASPAL PENETRASI 60/70 DAN VARIASI JUMLAH CAMPURANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record