Show simple item record

dc.contributor.advisorADLY, EMIL
dc.contributor.authorMUKTI, GILANG YASYIFA
dc.date.accessioned2019-09-17T01:30:40Z
dc.date.available2019-09-17T01:30:40Z
dc.date.issued2019-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28846
dc.descriptionIndonesia merupakan negara dengan kerawanan tinggi terhadap bencana berdasarkan kondisi geografisnya. Bencana yang terjadi pada ruas jalan dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kewaspadaan pengguna jalan pada ruas Jalan Srandakan, Kabupaten Bantul dengan membuat peta tentatif multi-rawan bencana berbasis GIS, yang mencakup bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan amblesan dengan menggunakan software ArcGIS, serta identifikasi kerusakan jalan secara visual. Dalam pembuatan peta tentatif metode yang digunakan adalah pendekatan bentang lahan, metode skoring, pembobotan dan overlay, sedangkan dalam penilaian kerusakan jalan metode yang digunakan adalah metode PCI. PCI dilakukan berdasarkan bencana banjir yang dinilai dapat berpengaruh pada fungsional ruas jalan, PCI dilakukan pada sta. 2+680 sampai sta. 6+680. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada ruas Jalan Srandakan memiliki bencana longsor yang berpotensi rendah, bencana banjir dan bencana gempa bumi yang berpotensi sedang, dan bencana amblesan yang berpotensi tinggi dengan nilai PCI rata-rata sebesar 84,87 pada tinjauan potensi bencana banjir yang menunjukkan kondisi jalan sangat baik (very good).en_US
dc.description.abstractIndonesia is a country that has high level of disaster vulnerability based on its geographical conditions. The disasters that occur on the road can make inconventient and unsafe driving. This study aims to increase awareness of road users on Srandakan Street, Bantul though making a multi disaster-prone tentative map based on GIS, which include floods, landslides, earthquakes, and subsidence, using ArcGIS software, and identify damage of roads visually. In making the tentative map the method used is landscape approach, scoring method, weighting and overlaying, meanwhile in assessment the damage of road used is the PCI method. PCI is carried out based on a flood that have effect on the road function, PCI is carried out at the sta. 2+680 until sta. 6+680. The result of this study indicates that Jalan Srandakan has low potential landslide disaster, medium potential flood and earthquake disaster, high potential for subsidace disaster with an average PCI value of 84.87on a review of potential floods which indicates very gool road conditions.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectDisaster, GIS, Mapping, PCI.en_US
dc.titlePEMETAAN PADA RUAS JALAN SEBAGAI IDENTIFIKASI UNTUK MULTI RAWAN BENCANA BERBASIS GIS DAN METODE PCI SEBAGAI IDENTIFIKASI KERUSAKANen_US
dc.title.alternativeStudi Kasus: Jalan Srandakan Sta. 2+680 s.d Sta. 6+680en_US
dc.typeThesis SKR 57en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record