dc.contributor.advisor | ADLY, EMIL | |
dc.contributor.author | MUKTI, GILANG YASYIFA | |
dc.date.accessioned | 2019-09-17T01:30:40Z | |
dc.date.available | 2019-09-17T01:30:40Z | |
dc.date.issued | 2019-07-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28846 | |
dc.description | Indonesia merupakan negara dengan kerawanan tinggi terhadap bencana
berdasarkan kondisi geografisnya. Bencana yang terjadi pada ruas jalan dapat
mengganggu kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Penelitian ini
bertujuan untuk peningkatan kewaspadaan pengguna jalan pada ruas Jalan
Srandakan, Kabupaten Bantul dengan membuat peta tentatif multi-rawan bencana
berbasis GIS, yang mencakup bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan
amblesan dengan menggunakan software ArcGIS, serta identifikasi kerusakan
jalan secara visual. Dalam pembuatan peta tentatif metode yang digunakan adalah
pendekatan bentang lahan, metode skoring, pembobotan dan overlay, sedangkan
dalam penilaian kerusakan jalan metode yang digunakan adalah metode PCI. PCI
dilakukan berdasarkan bencana banjir yang dinilai dapat berpengaruh pada
fungsional ruas jalan, PCI dilakukan pada sta. 2+680 sampai sta. 6+680. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan pada ruas Jalan Srandakan memiliki bencana longsor
yang berpotensi rendah, bencana banjir dan bencana gempa bumi yang berpotensi
sedang, dan bencana amblesan yang berpotensi tinggi dengan nilai PCI rata-rata
sebesar 84,87 pada tinjauan potensi bencana banjir yang menunjukkan kondisi
jalan sangat baik (very good). | en_US |
dc.description.abstract | Indonesia is a country that has high level of disaster vulnerability based
on its geographical conditions. The disasters that occur on the road can make
inconventient and unsafe driving. This study aims to increase awareness of road
users on Srandakan Street, Bantul though making a multi disaster-prone tentative
map based on GIS, which include floods, landslides, earthquakes, and subsidence,
using ArcGIS software, and identify damage of roads visually. In making the
tentative map the method used is landscape approach, scoring method, weighting
and overlaying, meanwhile in assessment the damage of road used is the PCI
method. PCI is carried out based on a flood that have effect on the road function,
PCI is carried out at the sta. 2+680 until sta. 6+680. The result of this study
indicates that Jalan Srandakan has low potential landslide disaster, medium
potential flood and earthquake disaster, high potential for subsidace disaster with
an average PCI value of 84.87on a review of potential floods which indicates very
gool road conditions. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Disaster, GIS, Mapping, PCI. | en_US |
dc.title | PEMETAAN PADA RUAS JALAN SEBAGAI IDENTIFIKASI UNTUK MULTI RAWAN BENCANA BERBASIS GIS DAN METODE PCI SEBAGAI IDENTIFIKASI KERUSAKAN | en_US |
dc.title.alternative | Studi Kasus: Jalan Srandakan Sta. 2+680 s.d Sta. 6+680 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
57 | en_US |