dc.contributor.advisor | SETIAWAN, DIAN | |
dc.contributor.author | ABADI, BAYU NUR | |
dc.date.accessioned | 2019-09-20T02:27:59Z | |
dc.date.available | 2019-09-20T02:27:59Z | |
dc.date.issued | 2019-07-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28898 | |
dc.description | Kerusakan dan mahalnya biaya perawatan jalan rel merupakann salah satu
permasalahan yang dihadapi di Indonesia. Penambahan modifikasi kadar aspal
pada lapisan balas diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan
perawatan pada lapisan balas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
sifat mekanis balas berupa nilai deformasi, modulus elastisitas dan abrasi lapisan
balas modifikasi. Metode yang digunakan adalah metode uji tekan menggunakan
alat UTM (Universal Testing Machine) dengan benda uji berbentuk balok dengan
dimensi 400 x 200 x 300 mm. Benda uji yang digunakan adalah balas bersih dan
kotor tanpa campuran, balas bersih dan kotor dengan modifikasi campuran kadar
aspal 4% pada 1 lapis dan 3 lapis. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa
penambahan aspal mampu mereduksi deformasi dan meningkatkan nilai modulus
elastisitas balas terutama pada benda uji balas modifikasi aspal 4 % 3 Lapis.
Dengan penambahan aspal nilai abrasi material juga semakin kecil sehingga dapat
meminimalisir kerusakan lapisan balas karena lapisan aspal dapat mengisi rongga
dan melindungi material penyusun lapisan balas. | en_US |
dc.description.abstract | Breakage and high cost of railroad maintenance are problems faced in
Indonesian railways. The addition of asphalt level modification in the ballast
layer is expected to be able to improve the quality of service and maintenance of
the ballst layer. The purpose of this study was to determine the mechanical
properties of the ballast-asphalt layer in the form of deformation values, modulus
of elasticity and reciprocal modification abrasion. The study used compressive
test method by UTM (Universal Testing Machine) with a beam-shaped object with
dimensions 400 x 200 x 300 mm. The test material was fresh and fouled ballast
without mixture, fresh and fouled ballast with modified mixture 4% asphalt
content in 1 layer and 3 layers. From the test results show that the addition of
bitumen was able to reduce deformation and increase the modulus of elasticity of
ballast especially in asphalt modification 4% 3 layers. With the addition of
asphalt the value of abrasion material was also getting smaller so that it can
minimize the damage to the ballast layer because the asphalt layer can fill the
cavity and protect the recipient layer material. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | asphalt, ballast layer, compression test, vertical deformation, abrasion, modulus of elasticity. | en_US |
dc.title | PERILAKU MEKANIS STRUKTUR LAPISAN BALAS KONVENSIONAL DENGAN MODIFIKASI 4% ASPAL PENETRASI 60/70 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |