dc.contributor.advisor | ROSYIDI, SRI ATMAJA P | |
dc.contributor.author | WUKIRASIH, NIKEN | |
dc.date.accessioned | 2019-09-28T03:35:57Z | |
dc.date.available | 2019-09-28T03:35:57Z | |
dc.date.issued | 2019-07-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29171 | |
dc.description | Pengujian dengan menggunakan alat Light Weight Deflectometer (LWD)
merupakan pengujian untuk menganalisis lendutan pada lapis perkerasan jalan
untuk mengukur deformasi vertikal dari beban jatuh sehingga dapat mengetahui
kekuatan struktur perkerasan jalan serta modulus elastisitasnya. Metode ini
bersifat tidak merusak NDT (Non Destruction Test). Metode NDT lebih hemat
karena dapat dikerjakan di tempat atau lapangan tanpa memerlukan waktu yang
lama. Pengujian LWD dilakukan untuk mengetahui kekuatan struktural dari suatu
lapisan tanah dasar yang dicampur dengan kadar kapur 2% dan tingkat kepadatan
dalam lapisan tersebut. Metode pengujian Light Weight Deflectometer (LWD) ini
menganalisis kepadatan dan kekakuan dengan menjatuhkan beban pada
ketinggian tertentu yang akan ditangkap oleh sensor geophone. Hasil dari
pengujian yaitu lendutan yang digunakan untuk menghitung modulus elastisitas
dengan menggunakan metode Boussineq. Pengujian pada lapisan tanah dasar
dilakukan selama 7 hari dengan 3 kali pengujian, yaitu pada hari ke-0, hari ke-3,
dan hari ke-7. Satu hari pengujian dilakukan pada 16 titik yang pada setiap
titiknya dilakukan 5 kali percobaan. Hasil yang didapatkan dalam pengujian ini
yaitu: nilai rata-rata modulus elastisitas pada pengujian hari ke-0 senilai 63,97
MPa, pengujian hari ke-3 senilai 72,32 MPa, dan pengujian pada hari ke-7 sebesar
74,87 MPa. Hasil dari pengujian LWD pada penelitian ini dibandingkan dengan
nilai modulus elastisitas DCP dari pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP)
pada benda uji yang sama, dan hasilnya nilai DCP lebih besar dibandingkan
dengan nilai LWD yang didapatkan. | en_US |
dc.description.abstract | Light Weight Deflectometer (LDW) test is a Non Destruction Testing
(NDT) used to analyse the deflection in road pavement layer to in order to
measure the vertical deformation based on deformation teh elastic modulus of
material under control load can be calculated. The method is a Non-Destruction
Test (NDT). This method is use safe in time and cost. The LWD Test is conducted
to determine the structural strength of subgrade layer mixed with 2% level of lime
and density of a layer. The LWD test method analyzes the stiffness by dropping a
load from certain height, the deflectometer recordered by geophone sensor. Using
Boussineq Method the elastic modulus can be obtained. The conducted on
subgrade layer was conducted for 7 days with 3 times testing, in day 0, day 3, and
day 7. On one day of the experiment was carried out at 16 points, each point 5
times. The result of the testing is: the average value of modulus of elasticity on the
zero-day test worth 63.97 MPa, the third-day test worth 72.32 MPa, and the test
on the 7th day at 74.87 MPa. The result of the LWD research is compared with
the DCP elasticity modulus from the Dynamic Cone Penetrometer (DCP)
experiment with the same test object, and as a final result, the DCP unit number is
higher than the LWD value obtained. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Light Weight Deflectometer (LWD), Dynamic Cone Penetrometer (DCP), Boussineq Method, modulus of elasticity, geophone | en_US |
dc.title | KARAKTERISTIK MODULUS ELASTISITAS DAN DAYA DUKUNG MATERIAL SUBGRADE DENGAN KADAR KAPUR 2% BERBASIS PENGUKURAN DEFLEKSI | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
292 | en_US |