dc.contributor.advisor | ISMAIL, NAWARI | |
dc.contributor.author | MAKMUN, HAYKAL | |
dc.date.accessioned | 2019-10-01T03:39:37Z | |
dc.date.available | 2019-10-01T03:39:37Z | |
dc.date.issued | 2019-07-28 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29239 | |
dc.description | Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta (PPM MBS Yogyakarta) yang menjadi salah satu pondok pesantren yang mencetak kader-kader Muhammadiyah yang nantinya akan melanjutkan perjuangan dakwah Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembinaan yang digunakan PPM MBS dalam meningkatkan kompetensi santri guna menjalankan dakwah Muhammadiyah, mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung strategi pembinaan, mengetahui solusi yang ditempuh dalam mengatasi hambatan-hambatan selama proses peningkatan kompetensi santri, dan mengetahui kompetensi santri yang ditingkatkan guna menjalankan dakwah Muhammadiyah. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, perbincangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni PPM MBS menggunakan strategi pendekatan, pemahaman, dan hukuman kepada santri agar terbentuknya kader-kader Muhammadiyah yang sesuai dengan harapan dan cita-cita PPM MBS, terdapat juga dua faktor penghambat dan pendukung yaitu ekternal dan internal yang meliputi santri, wali santri, ustadz pembina, dan masyarakat sekitar pondok, dalam mengatasinya PPM MBS memberikan solusi berupa meningkatkan dan memperbaiki kualitas pembina, mengevaluasi setiap kegiatan yang telah dilakukan dengan lebih rutin, memberikan pemahaman secara mendalam kepada santri dan wali santri tentang pondok pesantren, selain itu kompetensi santri yang ditingkatkan meliputi kemampuan individu, keorganisasian, dan kemuhammadiyahan. | en_US |
dc.description.abstract | Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta (PPM MBS Yogyakarta) is one of Islamic Boarding Schools that educate Muhammadiyah cadres to continue dakwah (preaching) Muhammadiyah. The research aimed at learning about the supervision strategy used by PPM MBS in improving santri’s (students of Islamic boarding school) competence to manage dakwah Muhammadiyah, learning about the inhibiting and supporting factors of the supervision strategy, learning about the solutions found to overcome the obstacles during the process of improving santri’s competence, and learning about the improved competence of santri in order to manage dakwah Muhammadiyah. The research was conducted using descriptive qualitative approach and the data were collected through interview, discussion, and documentation. The research results indicate that PPM MBS uses approach, understanding, and punishment strategy in order to educate Muhammadiyah cadres who have great characters as expected by PPM MBS. There are two inhibiting and supporting factors which are external and internal that consists of santri, santri’s parents, teacher, and the community around the boarding school. PPM MBS provides solutions by improving the quality of the teachers, intensely evaluating each activity, and educating santri and the parents about boarding school. The competences to improve are individual ability, matters about organization, and knowledge on Muhammadiyah organization. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Boarding School, MBS, Supervision Strategy, Santri’s Competence, Dakwah Muhammadiyah | en_US |
dc.title | STRATEGI PEMBINAAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SANTRI GUNA MENJALANKAN DAKWAH MUHAMMADIYAH | en_US |
dc.title.alternative | STUDI KASUS PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
200 | en_US |