dc.contributor.advisor | KHILMIYAH, AKIF | |
dc.contributor.author | RAMADAN, ABI | |
dc.date.accessioned | 2019-10-03T02:01:13Z | |
dc.date.available | 2019-10-03T02:01:13Z | |
dc.date.issued | 2019-07-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29306 | |
dc.description | Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemahaman sikap sosial siswa sebelum penerapan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) ataupun sesudah diterapkan model ini dalam mata pelajaran Akhlak pada siswa-siswi kelas VIII A dan VIII B di SMP Muhammadiyah Kasihan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan ekperiment semu dimana mengendalikan waktu subjek yang diukur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa kelas VIII A berjumlah 32, dan VIII B berjumlah 30. Dengan sampel dengan teknik bergilir dari dua kelas. Data dikumpulkan melalui kuesioner model skala likert, observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis secara uji reegresi linier sederhana.
Hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pengujian statistik yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tpe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akhlak , dimana thitung 3,33> ttabel 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 sehingga Hα diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap sikap sosial dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam mata pelajaran Akhlak. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to know the understanding of students' social attitudes before the implementation of Think Pair Share (TPS) learning model or after its implementation in moral subject to class VII A and VII B students at SMP Muhammadiyah Kasihan. This study employed a quantitative approach using quasi experiment that controls the time of the measured subject. The population of the research was 61 students consisting of 31 students of class VII A and 30 students of class VII B. With rotating samples from two classes, data were collected from a Likert scale model questionnaire, observation, interviews, and documentation. Data analysis was done using simple linear regression test. The findings of the study obtained from the statistical testing result show the effect of the cooperative learning model Think Pair Share (TPS) on student learning outcomes in moral subject where tcount 3.33> rtable 1,68 at a significant level of α = 0.05, so Ha is accepted. It is concluded that there is a significant effect on students’ social attitudes in using cooperative learning model Think Pair Share (TPS) in moral subject | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Cooperative learning model Think Pair Share (TPS) to Improve Students’ Social Attitudes | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
336 | en_US |