dc.contributor.advisor | SYAMSUDIN, SYAMSUDIN | |
dc.contributor.author | FIRDAUSI, IZZA NURUL | |
dc.date.accessioned | 2019-10-03T03:00:02Z | |
dc.date.available | 2019-10-03T03:00:02Z | |
dc.date.issued | 2019-01-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29325 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dampak dari penggunaan
gadget pada anak usia dini, 2) Mengetahui peran orangtua untuk mengatasi
dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak usia dini. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif,
subyek penelitian yaitu 10 keluarga yang memiliki anak usia 0-6 tahun di
Perumahan Mawija Sumberrejo 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa
tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan
mengumpulkan data berdasarkan fakta-fakta yang ada ataupun dengan
pengamatan yang telah dilakukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dampak dari penggunaan gadget
pada anak usia dini ada 2, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak
positif diantaranya adalah anak mendapatkan berbagai macam pembelajaran dan
pemahaman sesuai dengan usianya. Dampak negatifnya adalah anak akan
cenderung marah jika dalam sehari tidak diberikan gadget karena anak sudah
ketagihan dengan menggunakan gadget, dan kurang bermain diluar rumah atau
bersosialisasi dengan lingkungan karena terlalu asik dengan gadgetnya. 2) Peran
orangtua sangat dibutuhkan untuk mengatasi dampak negatif dari penggunaan
gadget pada anak usia dini adalah dengan cara mengawasi, mendampingi dan
mengontrol penggunaan gadget lebih kearah yang positif. | en_US |
dc.description.abstract | The objectives of this research are to: 1) Identify the impact of gadget use
on early childhood, 2) Identify the parents’ role in overcoming negative impact of
gadget use on early childhood. This research used qualitative approach of
descriptive qualitative research. The subject of the research were 10 families with
children aged 0-6 years old living at the Regency of Mawija Sumberejo 1. The
data was compiled through observation, interview and documentation. The data
analysis was done throughout several phases such as data reduction, data
presentation, and conclusion by compiling data based on the factual evidences as
well as from the observation result.
The result of the research indicated that: 1) there are two impacts of gadget
use on early childhood, those were positive and negative impact. The positive
impacts are children gaining various knowledge and understanding corresponds
with their age range. Whilst, the negative impacts were children would tend to be
mad when not given accessed to gadget for day long since they had been addicted
to it, children would spend less time playing outside or socializing with the
environment since they had been occupied by gadget. 2) The parents’ role was
significantly required to overcome the negative impact of gadget use on early
childhood in several methods such as supervising, guiding and controlling the use
of gadget toward the more positive use. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Impact, gadget, parents role | en_US |
dc.title | DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DAN PERAN ORANGTUA | en_US |
dc.title.alternative | Studi di Perumahan Mawija Sumberrejo 1 Balikpapan Tengah | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
007 | en_US |