Show simple item record

dc.contributor.advisorSHODIQ, SADAM FAJAR
dc.contributor.authorZULAIKHA, ZULAIKHA
dc.date.accessioned2019-10-03T03:16:15Z
dc.date.available2019-10-03T03:16:15Z
dc.date.issued2019-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29330
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji program taḥfīẓ al-qur’ān di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beran, Kepil, Wonosobo. Mengetahui pelaksanaan program pembelajaran taḥfīẓ al-qur’ān. Menganalisis pencapaian hasil program taḥfīẓ al-qur’ān. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan mix method, yaitu menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitaif. Desain evaluasi menggunakan teori Stufflebeam dengan alur penelitian context, input, process dan product. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan menggnakan tahapan reduksi, display, dan verifikasi data, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan one sampel t test. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi context menunjukkan bahwa, dukungan dari sekolah sudah cukup baik, namun pada aspek kompetensi siswa dan sistem setoran perlu diperhatikan lagi.(2) Evaluasi Input menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa belum diketahui. Tidak ada peraturan yang mendukung untuk menunjang penyelesain target hafalan, sarana dan peralatan sudah mencukupi, namun untuk guru pengajarnya belum ada guru khusus yang mengampu program taḥfīẓ al-qur’ān. (3) Evaluasi process menunjukkan bahwa, program taḥfīẓ al-qur’ān sudah berjalan sesuai rencana. Namun dalam beberapa hal masih ada yang belum sesuai dengan yang direncanakan. Metode dan media yang digunakan sudah tepat sesuai dengan kemampuan awal siswa, yaitu metode talqīn, metode setoran, metode muraja’ah.. (4) Evaluasi product menunjukkan bahwa setelah dilakukan uji one sampel t test maka hasil keputusannya adalah menerima H0, artinya nilai ujian taḥfīẓ al-qur’ān siswa MI Muhammadiyah Beran rata-rata di atas 75. Prosentase siswa yang lulus dalam ujian taḥfīẓ al-qur’ān di MI Muhammadiyah Beran tahun ajaran 2018/2019 mencapai 72,7%. Pencapaian ini sudah baik namun masih perlu ditingkatkan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi Program dan Program Taḥfīẓ al-Qur’ān.en_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BERAN KEPIL WONOSOBOen_US
dc.typeThesis SKR FAI 344en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record