dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program taḥfīẓ al-qur’ān di
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beran, Kepil, Wonosobo. Mengetahui
pelaksanaan program pembelajaran taḥfīẓ al-qur’ān. Menganalisis pencapaian
hasil program taḥfīẓ al-qur’ān.
Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan
pendekatan mix method, yaitu menggabungkan metode penelitian kualitatif dan
kuantitaif. Desain evaluasi menggunakan teori Stufflebeam dengan alur penelitian
context, input, process dan product. Teknik pengumpulan datanya menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan
menggnakan tahapan reduksi, display, dan verifikasi data, sedangkan data
kuantitatif dianalisis dengan menggunakan one sampel t test.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi
context menunjukkan bahwa, dukungan dari sekolah sudah cukup baik, namun
pada aspek kompetensi siswa dan sistem setoran perlu diperhatikan lagi.(2)
Evaluasi Input menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa belum diketahui.
Tidak ada peraturan yang mendukung untuk menunjang penyelesain target
hafalan, sarana dan peralatan sudah mencukupi, namun untuk guru pengajarnya
belum ada guru khusus yang mengampu program taḥfīẓ al-qur’ān. (3) Evaluasi
process menunjukkan bahwa, program taḥfīẓ al-qur’ān sudah berjalan sesuai
rencana. Namun dalam beberapa hal masih ada yang belum sesuai dengan yang
direncanakan. Metode dan media yang digunakan sudah tepat sesuai dengan
kemampuan awal siswa, yaitu metode talqīn, metode setoran, metode muraja’ah..
(4) Evaluasi product menunjukkan bahwa setelah dilakukan uji one sampel t test
maka hasil keputusannya adalah menerima H0, artinya nilai ujian taḥfīẓ al-qur’ān
siswa MI Muhammadiyah Beran rata-rata di atas 75. Prosentase siswa yang lulus
dalam ujian taḥfīẓ al-qur’ān di MI Muhammadiyah Beran tahun ajaran 2018/2019
mencapai 72,7%. Pencapaian ini sudah baik namun masih perlu ditingkatkan. | en_US |