dc.contributor.advisor | MADJID, ABDUL | |
dc.contributor.author | AZ-ZUHRA, NUR AZIZAH | |
dc.date.accessioned | 2019-10-03T03:27:09Z | |
dc.date.available | 2019-10-03T03:27:09Z | |
dc.date.issued | 2019-07-10 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29334 | |
dc.description | surat al-Isrā’ [17] tentang pendidikan akhlak, selain itu mengkaji tentang nilai-nilai
pendidikan akhlak yang terdapat dalam al-Qur’an surat al-Isrā’ [17] ayat 23-24 (Tinjauan
Terhadap Tafsir al-Marāgī), serta menganalisis relevansi nilai-nilai yang terdapat dalam surat
tersebut terhadap pendidikan akhlak di Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yang merujuk
kepada sumber data primer dan skunder, sumber data primer berupa kitab Al-Marāgī dan sumber
sekundernya berupa karya-karya tulis seperti, buku-buku, jurnal dan karya tulis lainnya yang
berkaitan dengan tema pokok pembahasan. Metode yang penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif-analitik. Pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik
dokumentasi (documentary study), kemudian dianalisis dalam rangka memperkuat argumentasi.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: pertama, penafsiran al-Marāghī dalam al-Qur’an
surat al-Isrā’ [17] ayat 23-24 yaitu dengan menjelaskan mufradatnya, kemudian menjelaskan
secara ringkas maknanya, korelasi ayat dengan yang lain, dan yang terakhir adalah dengan
menjelaskan ayat secara lebih rinci. Adapun penafsirannya adalah adanya nilai-nilai pendidikan
akhlak terhadap Allah, yang meliputi taqwa, cinta dan ridha, ikhlas, khauf dan raja’, tawakal,
syukur, muraqabah, taubat. Selanjutnya menjelaskan tentang perintah untuk berbuat baik kepada
kedua orangtua, dengan berbagai macam cara yang Allah ridhai, berbakti kepada keduanya,
bersikap sopan santun baik dengan perilaku, perbuatan dan perkataan. Kedua, nilai-nilai yang
terkandung dalam al-Qur’an surat al-Isrā’ [17] ayat 23-24 adalah akhlak terhadap Allah dan akhlak
terhadap orangtua. Ketiga, adanya relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat
dalam al-Qur’an surat al-Isrā’ [17] ayat 23-24 dengan pendidikan akhlak yang ada di Indonesia. | en_US |
dc.description.abstract | This study aims to examine how the interpretation of al-Marāghī in Qur’an Surah al-Isrā’ (17)
concerning moral education, in addition, it examines the values of moral education contained in the Qur’an,
Surat al-Isrā’ (17) verses 23-24 (An Overview of Tafsir al-Marāghī), and analyzes the relevance of the
values contained in the surah to moral education in Indonesia.
This type of research is library research, which refers to primary and secondary data sources,
primary data sources in the form of al-Marāghī books and secondary sources in the form of written works,
such as books, journals and other written works relating to the main theme of the discussion. The method
used by the researcher in this study was descriptive-analytic. Data were collected in research through a
documentation technique (documentary study), then analyzed in order to strengthen the argumentation.
The results of the study indicate that: first, the interpretation of al-Marāghī in the Qur’an Surah al-
Isrā’ verses 23-24, namely by explaining the mufradat (vocabularies), then briefly explains their meaning,
correlation with other verse, and the last is to explain the verse in more detail. The interpretation is about
the existence of values of moral education towards God, which includes taqwa, love, and pleasure, sincerity,
khauf (fear), and raja’ (expectation), tawakal (reliance), syukur (grateful), muraqabah (knowing that Allah
is watching over us), and taubat (repentance). Furthermore, it explained the command to do good to both
parents, in several ways that Allah is pleased, devoted to both, to be polite with behavior, actions, and
words. Second, the values contained in Qur’an Surah al-Isrā’ verses 23-24 are morals towards God and
morals towards parents. Third, there is relevance between the values of moral education contained in Qur’an
Surah al-Isrā’ verses 23-24 with moral education in Indonesia. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Moral education, values. | en_US |
dc.title | NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-ISRĀ AYAT 23-24 | en_US |
dc.title.alternative | (Tinjauan Terhadap Tafsir Al-Marāgi) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
252 | en_US |