dc.contributor.advisor | KHILMIYAH, AKIF | |
dc.contributor.author | SANTOSO, MUHAMAD RIDWAN | |
dc.date.accessioned | 2019-10-03T03:50:37Z | |
dc.date.available | 2019-10-03T03:50:37Z | |
dc.date.issued | 2019-07-06 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29342 | |
dc.description | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi konteks,
evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk progam shalat dhuha dan
tahfidz Al-Qur‟an di SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara menggunakan
model evaluasi CIPP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif, menggunakan pendekatan
mixed method dengan model evaluasi dari Stufflebeam dengan prosedur
penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa yang berjumlah 52, fasilitator program dan kepala sekolah. Teknik
pengumpulan datanya menggunkan observasi, wawancara, dokumentasi, dan
kuisioner. Data kualitatif dianalisis menggunkan tahapan reduksi, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis menggunkan statistik
deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Evaluasi konteks menunjukkan hasil
yang cukup baik berdasarkan pada komponen sejarah terbentuknya program,
survey program, rapat penyusunan program, dokumen program, dan sosialisasi
program. (2) Evaluasi input menunjukkan hasil yang kurang baik berdasarkan
pada komponen kesiapan sekolah dalam menjalankan program, penunjukan
penanggung jawab program, keikutsertaan siswa dalam mengikuti program, dan
sarana dan pasarana penunjang program. (3) Evaluasi proses menunjukkan hasil
yang sukup baik berdasarkan pada komponen partisipasi stakeholder dalam
penyusunan program, materi program, metode program, media program, dan
sistem penilaian program (4) Evaluasi produk menunjukkan hasil yang sangat
baik, ketercapaian tujuan program menunjukkan bahwa semua aspek sikap
spiritual menunjukkan skor 83% untuk siswa laki-laki lebih kecil dari skor siswa
perempuan dengan 86%.
Evaluasi keseluruhan dengan model CIPP program tersebut menunjukkan
hasil yang cukup baik | en_US |
dc.description.abstract | The objective of the research is to learn context, input, process, and
product evaluation of sholat dhuha (dhuha prayer) and tahfidz Al-Qur‟an (Al-
Qur‟an memorization) at SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara using CIPP
evaluation.
The type of the research is evaluative research using mixed method and
evaluation model of Stufflebeam and research procedures of context, input,
process, product (CIPP). The subjects of the research are 52 students, program
facilitator, and school principal. The data were collected through observation,
interview, documentation, and questionnaire. The qualitative data were analysed
using data reduction, presentation, and conclusion drawing. The quantitative data
were analysed using descriptive statistic.
The research result indicates (1) Context evaluation indicates good result
based on the component of program establishment history, program survey,
program establishment meeting, program document, and program socialization.
(2) Input evaluation indicates result which is not good enough based on the
school preparedness in conducting the program, the appointment of the person in
charge of the program, students‟ participation, and the infrastructure of the
program. (3) Process evaluation indicates good result based on the components of
stakeholder participation in the program arrangement, program materials,
program method, program media, and program evaluation system.(4) Product
evaluation indicates very good result, program objective achievement indicates
that all aspects of spiritual behaviour indicates the score of 83% for male students
is lower than the female students‟ with the score of 86%.
The entire evaluation using program CIPP model indicates good results. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Program Evaluation, Sholat Dhuha, Tahfidz Al-Qur‟an | en_US |
dc.title | EVALUASI PROGRAM SHALAT DHUHA DAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN SIKAP SPIRITUAL SISWA SD MUHAMMADIYAH BATUR BANJARNEGARA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
239 | en_US |