Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorSANTOSO, MUHAMAD RIDWAN
dc.date.accessioned2019-10-03T03:50:37Z
dc.date.available2019-10-03T03:50:37Z
dc.date.issued2019-07-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29342
dc.descriptionTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk progam shalat dhuha dan tahfidz Al-Qur‟an di SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara menggunakan model evaluasi CIPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif, menggunakan pendekatan mixed method dengan model evaluasi dari Stufflebeam dengan prosedur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 52, fasilitator program dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan datanya menggunkan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Data kualitatif dianalisis menggunkan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis menggunkan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Evaluasi konteks menunjukkan hasil yang cukup baik berdasarkan pada komponen sejarah terbentuknya program, survey program, rapat penyusunan program, dokumen program, dan sosialisasi program. (2) Evaluasi input menunjukkan hasil yang kurang baik berdasarkan pada komponen kesiapan sekolah dalam menjalankan program, penunjukan penanggung jawab program, keikutsertaan siswa dalam mengikuti program, dan sarana dan pasarana penunjang program. (3) Evaluasi proses menunjukkan hasil yang sukup baik berdasarkan pada komponen partisipasi stakeholder dalam penyusunan program, materi program, metode program, media program, dan sistem penilaian program (4) Evaluasi produk menunjukkan hasil yang sangat baik, ketercapaian tujuan program menunjukkan bahwa semua aspek sikap spiritual menunjukkan skor 83% untuk siswa laki-laki lebih kecil dari skor siswa perempuan dengan 86%. Evaluasi keseluruhan dengan model CIPP program tersebut menunjukkan hasil yang cukup baiken_US
dc.description.abstractThe objective of the research is to learn context, input, process, and product evaluation of sholat dhuha (dhuha prayer) and tahfidz Al-Qur‟an (Al- Qur‟an memorization) at SD Muhammadiyah Batur Banjarnegara using CIPP evaluation. The type of the research is evaluative research using mixed method and evaluation model of Stufflebeam and research procedures of context, input, process, product (CIPP). The subjects of the research are 52 students, program facilitator, and school principal. The data were collected through observation, interview, documentation, and questionnaire. The qualitative data were analysed using data reduction, presentation, and conclusion drawing. The quantitative data were analysed using descriptive statistic. The research result indicates (1) Context evaluation indicates good result based on the component of program establishment history, program survey, program establishment meeting, program document, and program socialization. (2) Input evaluation indicates result which is not good enough based on the school preparedness in conducting the program, the appointment of the person in charge of the program, students‟ participation, and the infrastructure of the program. (3) Process evaluation indicates good result based on the components of stakeholder participation in the program arrangement, program materials, program method, program media, and program evaluation system.(4) Product evaluation indicates very good result, program objective achievement indicates that all aspects of spiritual behaviour indicates the score of 83% for male students is lower than the female students‟ with the score of 86%. The entire evaluation using program CIPP model indicates good results.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectProgram Evaluation, Sholat Dhuha, Tahfidz Al-Qur‟anen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM SHALAT DHUHA DAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN SIKAP SPIRITUAL SISWA SD MUHAMMADIYAH BATUR BANJARNEGARAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 239en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record