Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorAL-AMIN, MUHAMMAD FUAD
dc.date.accessioned2019-10-09T06:55:46Z
dc.date.available2019-10-09T06:55:46Z
dc.date.issued2019-08-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29540
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengetahui konsep akhlak murid terhadap guru perspektif Hasyim Asy’ari dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim dan mengetahui relevansinya dalam konteks pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian merupakan penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi atau studi dokumenter (documentary study). Adapun sumber primernya adalah kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim, sedangkan sumber sekundernya adalah referensi-referensi pendukung dan pelengkap bagi sumber primer, yaitu berupa buku, jurnal, skripsi dan lainnya. Metode analisis datanya menggunakan analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Hasilnya menunjukkan bahwa konsep akhlak murid terhadap guru perspektif Hasyim Asy’ari dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim yang masih relevan sebagai berikut: 1) hendaknya murid istikharah dalam memilih guru, 2) bersungguh-sungguh, 3) patuh kepada guru, 4) memuliakan guru, 5) mengetahui hak-hak guru, 6), tidak menemui guru di tempat umum tanpa meminta izin, 7) ahklak duduk di depan guru, 8) akhlak berkata baik dengan guru 9) akhlak mendengarkan pelajaran.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAkhlak, Murid dan Guru, Hasyim Asy’ari.en_US
dc.titleKONSEP AKHLAK MURID TERHADAP GURU PERSPEKTIF HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA‘ALLIMen_US
dc.typeThesis SKR FAI 276en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record