dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep akhlak murid terhadap guru
perspektif Hasyim Asy’ari dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim dan
mengetahui relevansinya dalam konteks pendidikan di Indonesia.
Jenis penelitian merupakan penelitian pustaka (library research). Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi atau
studi dokumenter (documentary study). Adapun sumber primernya adalah kitab
Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim, sedangkan sumber sekundernya adalah
referensi-referensi pendukung dan pelengkap bagi sumber primer, yaitu berupa
buku, jurnal, skripsi dan lainnya. Metode analisis datanya menggunakan analisis
isi atau dokumen (content or document analysis).
Hasilnya menunjukkan bahwa konsep akhlak murid terhadap guru
perspektif Hasyim Asy’ari dalam kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim yang
masih relevan sebagai berikut: 1) hendaknya murid istikharah dalam memilih
guru, 2) bersungguh-sungguh, 3) patuh kepada guru, 4) memuliakan guru, 5)
mengetahui hak-hak guru, 6), tidak menemui guru di tempat umum tanpa
meminta izin, 7) ahklak duduk di depan guru, 8) akhlak berkata baik dengan guru
9) akhlak mendengarkan pelajaran. | en_US |