Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisorKURNIAWAN, BACHTIAR DWI
dc.contributor.authorNOVITASARI, INDRI
dc.date.accessioned2019-10-11T06:06:19Z
dc.date.available2019-10-11T06:06:19Z
dc.date.issued2019-05-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29650
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi sistem eprocurement di LPSE Sleman. yang dimana pada awal diterapkannya sistem eprocurement di LPSE Sleman masih banyak terjadi keterbatasan. Seiring berjalannya waktu, dan perkembangan zaman yang sangat pesat, kesiapan SDM sudah semakin baik untuk melaksanakan sistem e-procurement dan pembagian SDM sudah semakin baik di setiap daerah untuk melaksanakan sistem eprocurement dengan sangat baik, dan fungsinya menjadi sangat efektif dan efisien dalam pengadaan barang dan jasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, untuk mengetahui tingkat efisiensi dari sistem e-procurement yang diterapkan oleh LPSE dalam proses pengadaan barang dan jasa. Lokasi penelitian di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Sleman. Sumber informasi dan data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, serta dokumen dan berita – berita, yang nantinya akan diolah menjadi karya ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa penerapan sistem eprocurement di Sleman dalam penerapannya sudah efisien. Dengan adanya sistem e-procurement dalam pengadaan barang dan jasa sudah semakin baik, pihak LPSE merasa jauh lebih nyaman dan aman dalam menjalankan tugasnya dalam memutuskan penyedia yang tepat dalam pengadaan ini karena, sudah tidak adanya tekanan seperti sebelum adanya sistem elektronik. Pihak penyedia juga sangat terbantu dalam adanya sistem elektronik tersebut, segala sesuatu yang mereka butuhkan mengenai informasi sudah tercantum dengan jelas di website LPSE, sehingga penyedia tidak perlu repot – repot untuk datang langsung untuk memenuhi segala berkas yang diperlukan. Pengaruh penerapan sistem e-procurement di kantor LPSE Sleman ini dikatakan sudah jauh efisien dari beberapa tahun yang lalu. Meskipun dalam proses pengaplikasiannya ada beberapa kendala yang dialami oleh pihak LPSE, namun akhirnya bisa berjalan maksimal hingga saat ini. Faktor pendukung dalam keberhasilan efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik dapat dilihat dari kualitas SDM yang semakin baik dengan diterapkannya banyak pelatihanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi sistem eprocurement di LPSE Sleman. yang dimana pada awal diterapkannya sistem eprocurement di LPSE Sleman masih banyak terjadi keterbatasan. Seiring berjalannya waktu, dan perkembangan zaman yang sangat pesat, kesiapan SDM sudah semakin baik untuk melaksanakan sistem e-procurement dan pembagian SDM sudah semakin baik di setiap daerah untuk melaksanakan sistem eprocurement dengan sangat baik, dan fungsinya menjadi sangat efektif dan efisien dalam pengadaan barang dan jasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, untuk mengetahui tingkat efisiensi dari sistem e-procurement yang diterapkan oleh LPSE dalam proses pengadaan barang dan jasa. Lokasi penelitian di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Sleman. Sumber informasi dan data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, serta dokumen dan berita – berita, yang nantinya akan diolah menjadi karya ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa penerapan sistem eprocurement di Sleman dalam penerapannya sudah efisien. Dengan adanya sistem e-procurement dalam pengadaan barang dan jasa sudah semakin baik, pihak LPSE merasa jauh lebih nyaman dan aman dalam menjalankan tugasnya dalam memutuskan penyedia yang tepat dalam pengadaan ini karena, sudah tidak adanya tekanan seperti sebelum adanya sistem elektronik. Pihak penyedia juga sangat terbantu dalam adanya sistem elektronik tersebut, segala sesuatu yang mereka butuhkan mengenai informasi sudah tercantum dengan jelas di website LPSE, sehingga penyedia tidak perlu repot – repot untuk datang langsung untuk memenuhi segala berkas yang diperlukan. Pengaruh penerapan sistem e-procurement di kantor LPSE Sleman ini dikatakan sudah jauh efisien dari beberapa tahun yang lalu. Meskipun dalam proses pengaplikasiannya ada beberapa kendala yang dialami oleh pihak LPSE, namun akhirnya bisa berjalan maksimal hingga saat ini. Faktor pendukung dalam keberhasilan efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik dapat dilihat dari kualitas SDM yang semakin baik dengan diterapkannya banyak pelatihanen_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEfisiensi, Sistem E-procurement, Penyedia jasa pengadaanen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN SISTEM E-PROCUREMENT TERHADAP EFISIENSI PENGADAAN BARANG DAN JASA DI LPSE SLEMAN TAHUN 2018en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 495en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record