Show simple item record

dc.contributor.advisorRASYID, HARYADI ARIEF NUUR
dc.contributor.authorWIJAYA, SUKMA SURYA
dc.date.accessioned2019-10-30T07:16:06Z
dc.date.available2019-10-30T07:16:06Z
dc.date.issued2019-05-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30155
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dimensi kredibilitas yang mendominasi kredibilitas Tengku Fadli sebagai komunikator dalam komunikasi pemasaran Boediman Jr Barbershop melalui instagram periode tahun 2017-2018 sehingga fakta menunjukan adanya peningkatan jumlah konsumen pada tahun tersebut. Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu metode penetapan responden untuk dijadikan sampel berdasarkan pada kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 390 responden yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket tertutup dengan skala pengukuran yaitu skala likert 1-4. Kuesioner tersebut terhubung dengan google formulir yang kemudian disebar dengan menggunakan akun instagram objek penelitian untuk memudahkan peneliti dalam melakukan pengumpulan data mengingat jumlah responden yang banyak. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah independent sample t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan mengenai dimensi kredibilitas Tengku Fadli. Adapun dimensi kredibilitas sumber yang dimaksud oleh peneliti adalah dimensi keterpercayaan (trustworthness), dimensi keahlian (expertise), dan dimensi daya tarik (physical attractiveness). Hasil uji independent sample t-test ketiga dimensi tersebut yang menunjukkan nilai lebih besar dari taraf signifikan yaitu 0,05. Kemudian untuk mengetahui dimensi yang paling mendominasi adalah dengan melihat nilai rata-rata setiap dimensi. rata-rata dimensi keahlian (expertise) pada kelompok A yaitu sebesar 2,94 dan pada kelompok B sebesar 3,00. Sedangkan hasil nilai rata-rata dimensi keterpercayaan (trustworthness) pada kelompok A sebesar 2,86 dan pada kelompok B sebesar 2,87. Adapun hasil nilai rata-rata dimensi daya Tarik (physical attractiveness) pada kelompok A sebesar 2,71 dan pada kelompok B sebesar 2,67. Dari ketiga dimensi tersebut, dimensi keahlian (expertise) menyumbang tingginya atau mendominasi kredibilitas Tengku Fadli sebagai komunikator pemasaran Boediman Jr Barbershop.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKredibilitas Komunikator, Komunikasi Pemasaranen_US
dc.titleKREDIBILITAS TENGKU FADLI SEBAGAI KOMUNIKATOR DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN BOEDIMAN JR MELALUI INSTAGRAM PERIODE TAHUN 2017-2018en_US
dc.typeThesis SKR 429en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record