Show simple item record

dc.contributor.advisorPURBOHADI, DWIJOKO
dc.contributor.advisorKURNIANTI, APRILIA
dc.contributor.authorRUM, MAFTUHAH RAHIMAH
dc.date.accessioned2019-10-31T06:33:28Z
dc.date.available2019-10-31T06:33:28Z
dc.date.issued2019-10-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30218
dc.descriptionMenulis merupakan kegiatan berbahasa untuk menuangkan ide atau konsep dalam bentuk karakter atau angka secara sistematis, sehingga akses untuk memahami subjek akan lebih mudah. Menulis adalah salah satu kemampuan penting dalam proses belajar, selain kemampuan membaca, menyimak, dan berbicara. Hal ini juga berlaku dalam hal mempelajari dan memahami Al-Qur’an. Namun, dengan perkembangan teknologi seperti smartphone, kebiasaan menulis mulai bergeser dari buku ke perangkat. Hal itu dikarenakan kenyamanan dan kepraktisan yang ditawarkan oleh smartphone seperti penulisan yang dapat ditulis berulang kali, serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dibandingkan dengan menulis secara tradisional. Dan hasilnya adalah kemampuan siswa untuk menulis dengan tangan tergolong rendah. Hal ini juga terjadi dalam pembelajaran Al-Qur’an dimana kemampuan menulis siswa masih kurang daripada kemampuan membaca dan menghafal. Dalam penelitian ini, aplikasi mobile learning digunakan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis karena dapat dijalankan di smartphone beserta terdapat manfaat-manfaat lain yang terdapat dalam aplikasi mobile learning untuk mendukung pembelajaran menulis Al-Qur’an. Dampak positif yang didapatkan dari menulis karakter Al-Qur'an menggunakan smartphone adalah aplikasi dapat menghitung tingkat kecocokannya dan dapat mengurangi tugas guru dalam mengevaluasi kegiatan siswa. Selain itu, siswa lebih berminat untuk belajar menulis Al-Qur’an dengan menggunakan aplikasi.en_US
dc.description.abstractWriting is a language activity for pouring ideas or concepts in the form of character or number a systematic way so that access to understand the subject will be easier. Writing is one of the essential abilities in the learning process, besides the abilities to read, to listen, and to speak including in the terms of learning and understanding the Qur'an. However, with the development of technology such as smartphones, writing habits began to shift from book to device. That is due to the convenience and practicality offered by smartphones such as the writing can be written repeatedly, and can be done anywhere and anytime compared to traditional writing. and the result is students ability to write using hands is qualified to be low. This is also occurs in the Qur'anic studying where student writing ability is less than the ability to read and memorize. In this research mobile learning applications used as one of the solutions to improve writing skills, because it can be run on a smartphone along with other the benefits of mobile learning application. The positive impact of writing Al-Qur'an character using smartphone is that the application can calculate the similarity and reduce the teacher task in evaluate of student activity. In addition, students are more interested in learning to write the Qur'an using the application.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAl-Qur’an, Mobile Learning, Writing, Smartphoneen_US
dc.titlePENGEMBANGAN APLIKASI UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS AL-QUR’AN BERBASIS MOBILE LEARNINGen_US
dc.typeThesis SKR FT 685en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record