Show simple item record

dc.contributor.advisorZULFIAR, MUHAMMAD HERI
dc.contributor.authorHASSANUSI, ARIEF FARGHANI
dc.date.accessioned2019-11-08T03:26:28Z
dc.date.available2019-11-08T03:26:28Z
dc.date.issued2019-07-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30289
dc.descriptionBaliho merupakan suatu alat media atau sarana yang digunakan untuk media promosi atau pemberitaan yang biasanya banyak temui dibahu jalan perkotaan yang selalu dilewati oleh kendaraan, tujuannya agar pengendara yang melintasi jalan tersebut dapat melihat isi dari pemberitahuan yang ada pada baliho tersebut. Baliho dibuat dengan ukuran yang cukup besar baik dibuat horizontal ataupun vertical dengan tujuan agar pengendara bisa melihat dengan jelas pesan atau isi yang disampaikan oleh media baliho tersebut. Disamping manfaatnya yang dapat menyampaikan informasi, Baliho juga mempunyai tingkat resiko kecelakaan bagi pengguna jalan, apabila pemasangan baliho dilakukan dengan tidak berdasarkan peraturan yang sudah berlaku. Pengguna Jalan adalah seseorang yang menggunakan jalan untuk berlalu lintas untuk mencapai tempat tujuan. Manusia sebagai pengguna jalan yang berperan sebagai pengemudi ataupun sebagai pejalan kaki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui baliho yang rentan dan berpotensi menimbulkan kecelakaaan bagi pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi konstruksi baliho yang berpotensi menimbulkan bencana bagi pengguna jalan yang ada diruas Jalan Ringroad Selatan yang dibagi menjadi 5 titik penelitian. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif observasional yaitu penelitian dengan cara melihat langsung obejek penilitian dilapangan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan. Didapatkan nilai presentase untuk baliho ukuran kecil sebesar 27% baliho ukurang sedang sebesar 35% dan baliho ukuran besar 24%, sementara baliho yang tidak termasuk dalam peraturan ada 14%.Nilai presentase untuk baliho dengan arah membujur sebesar 59% dan baliho dengan arah melintang sebesar 41%. Didapatkan nilai presentase untuk baliho dengan jarak kurang dari 1,5meter sebesar 53% dan baliho dengan jarak lebih dari 1,5meter sebesar 47%. Nilai keadaan baliho yang berpotensi menimbulkan kecelakaan adalah tidak baik atau kurang terawat sebanyak 11,7%, sedang sebanyak 15,6%, baik sebanyak 59%, sangat baik sebanyak 13,7%, dari hasil penelitian ini dapat kami simpulkan bahwa keadaan baliho diruas Jalan Ringroad Selatan Cukup Baik dengan Catatan perlu adanya pengecekan rutin untuk merawat baliho secara berkala oleh pihak pengelola.en_US
dc.description.abstractBillboards are a means of media or facilities used for media promotions or news that are usually found on the shoulder of urban roads which are always passed by vehicles, the purpose of which the riders who cross the road can see the contents of the notice on the billboard. Billboards are made with a size that is large enough either horizontally or vertically with the aim that the driver can clearly see the message or content conveyed by the billboard media. Besides the benefits that can convey information, Billboards also have an accident risk level for road users, if installation Billboards are carried out not according to applicable regulations. Road users are people who use roads for traffic to reach their destination. Humans are road users who act as drivers or pedestrians. This study was conducted to find out which billboards are vulnerable and potentially cause accidents for road users. The purpose of this study is to identify the construction of billboards that have the potential to cause disasters for road users on the South RingRoad Road Section which is divided into 5 research points. The type of research that will be used is observational qualitative research, namely research by looking directly at the object of research in the field in accordance with the regulations set by the parties concerned. Obtained percentage value for small billboards of 27% medium size billboards of 35% and large billboards of 24%, while billboards that are not included in the regulations are 14%. Value percentage for billboards with a longitudinal direction of 59% and billboards with transverse direction of 41%. Obtained a percentage value for billboards with a distance of less than 1.5 meters by 53% and billboards with a distance of more than 1.5 meters by 47%. The condition of the billboards that have the potential to cause accidents is not good or poorly maintained as much as 11.7%, while as many as 15.6%, both as much as 59%, very good as much as 13.7%, from the results of this study we can conclude that the billboards are South Ringroad Road Section Fairly Good with Note It is necessary to have regular checks to treat billboards regularly by the manager.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectBillboards, Roads User, Rule, Risken_US
dc.titleIDENTIFIKASI POTENSI KERENTANAN BALIHO YANG DAPAT MENIMBULKAN BENCANA UNTUK PENGGUNA JALAN NASIONAL (RUAS JALAN RINGROAD SELATAN)en_US
dc.typeThesis SKR FT 461en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record