dc.contributor.advisor | ZULFIAR, MUHAMMAD HERI | |
dc.contributor.author | HASSANUSI, ARIEF FARGHANI | |
dc.date.accessioned | 2019-11-08T03:26:28Z | |
dc.date.available | 2019-11-08T03:26:28Z | |
dc.date.issued | 2019-07-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30289 | |
dc.description | Baliho merupakan suatu alat media atau sarana yang digunakan untuk media
promosi atau pemberitaan yang biasanya banyak temui dibahu jalan perkotaan
yang selalu dilewati oleh kendaraan, tujuannya agar pengendara yang melintasi
jalan tersebut dapat melihat isi dari pemberitahuan yang ada pada baliho tersebut.
Baliho dibuat dengan ukuran yang cukup besar baik dibuat horizontal ataupun
vertical dengan tujuan agar pengendara bisa melihat dengan jelas pesan atau isi
yang disampaikan oleh media baliho tersebut. Disamping manfaatnya yang dapat
menyampaikan informasi, Baliho juga mempunyai tingkat resiko kecelakaan bagi
pengguna jalan, apabila pemasangan baliho dilakukan dengan tidak berdasarkan
peraturan yang sudah berlaku. Pengguna Jalan adalah seseorang yang
menggunakan jalan untuk berlalu lintas untuk mencapai tempat tujuan. Manusia
sebagai pengguna jalan yang berperan sebagai pengemudi ataupun sebagai pejalan
kaki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui baliho yang rentan dan berpotensi
menimbulkan kecelakaaan bagi pengguna jalan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi konstruksi baliho
yang berpotensi menimbulkan bencana bagi pengguna jalan yang ada diruas Jalan
Ringroad Selatan yang dibagi menjadi 5 titik penelitian. Jenis penelitian yang
akan digunakan adalah penelitian kualitatif observasional yaitu penelitian dengan
cara melihat langsung obejek penilitian dilapangan sesuai dengan peraturan yang
telah ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan.
Didapatkan nilai presentase untuk baliho ukuran kecil sebesar 27% baliho
ukurang sedang sebesar 35% dan baliho ukuran besar 24%, sementara baliho yang
tidak termasuk dalam peraturan ada 14%.Nilai presentase untuk baliho dengan
arah membujur sebesar 59% dan baliho dengan arah melintang sebesar 41%.
Didapatkan nilai presentase untuk baliho dengan jarak kurang dari 1,5meter
sebesar 53% dan baliho dengan jarak lebih dari 1,5meter sebesar 47%. Nilai
keadaan baliho yang berpotensi menimbulkan kecelakaan adalah tidak baik atau
kurang terawat sebanyak 11,7%, sedang sebanyak 15,6%, baik sebanyak 59%,
sangat baik sebanyak 13,7%, dari hasil penelitian ini dapat kami simpulkan bahwa
keadaan baliho diruas Jalan Ringroad Selatan Cukup Baik dengan Catatan perlu
adanya pengecekan rutin untuk merawat baliho secara berkala oleh pihak
pengelola. | en_US |
dc.description.abstract | Billboards are a means of media or facilities used for media promotions or news
that are usually found on the shoulder of urban roads which are always passed by
vehicles, the purpose of which the riders who cross the road can see the contents
of the notice on the billboard. Billboards are made with a size that is large enough
either horizontally or vertically with the aim that the driver can clearly see the
message or content conveyed by the billboard media. Besides the benefits that can
convey information, Billboards also have an accident risk level for road users, if
installation Billboards are carried out not according to applicable regulations.
Road users are people who use roads for traffic to reach their destination. Humans
are road users who act as drivers or pedestrians. This study was conducted to find
out which billboards are vulnerable and potentially cause accidents for road users.
The purpose of this study is to identify the construction of billboards that have the
potential to cause disasters for road users on the South RingRoad Road Section
which is divided into 5 research points. The type of research that will be used is
observational qualitative research, namely research by looking directly at the
object of research in the field in accordance with the regulations set by the parties
concerned.
Obtained percentage value for small billboards of 27% medium size billboards of
35% and large billboards of 24%, while billboards that are not included in the
regulations are 14%. Value percentage for billboards with a longitudinal direction
of 59% and billboards with transverse direction of 41%. Obtained a percentage
value for billboards with a distance of less than 1.5 meters by 53% and billboards
with a distance of more than 1.5 meters by 47%. The condition of the billboards
that have the potential to cause accidents is not good or poorly maintained as
much as 11.7%, while as many as 15.6%, both as much as 59%, very good as
much as 13.7%, from the results of this study we can conclude that the billboards
are South Ringroad Road Section Fairly Good with Note It is necessary to have
regular checks to treat billboards regularly by the manager. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Billboards, Roads User, Rule, Risk | en_US |
dc.title | IDENTIFIKASI POTENSI KERENTANAN BALIHO YANG DAPAT MENIMBULKAN BENCANA UNTUK PENGGUNA JALAN NASIONAL (RUAS JALAN RINGROAD SELATAN) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
461 | en_US |