dc.contributor.advisor | HARIMURTI, SABTANTI | |
dc.contributor.author | ISMAYANI, AULIA ASTRI | |
dc.date.accessioned | 2019-11-11T06:38:49Z | |
dc.date.available | 2019-11-11T06:38:49Z | |
dc.date.issued | 2019-07-17 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30325 | |
dc.description | Badan usaha milik negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk
menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia
adalah BPJS Kesehatan. Salah satu indikator yang sangat penting dalam meninjau
mutu pelayanan rumah sakit adalah kepuasan dari pasien. Pada era BPJS ini
pasien pengguna BPJS mempunyai harapan yang tinggi terhadap pelayanan
kefarmasian. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap pelayanan kefarmasian rawat jalan di
RSI Namira Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimental secara
deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini berjumlah
110 orang yang diperoleh melalui purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan menggunakan kuesioner kinerja sebanyak 27 item dan kuesioner
harapan sebanyak 27 item.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai rata-rata tingkat kesesuaian
dimensi reability sebesar 105,1%, responsiveness sebesar 106,1%, assurance
sebesar 105,7%, dimensi emphaty sebesar 102,9%, dan dimensi tangible sebesar
105,4%. Hasil analisis karakteristik responden menyatakan bahwa mayoritas
responden berusia 26-35 tahun (39%), mayoritas responden berjenis kelamin
perempuan (58%), mayoritas responden tingkat pendidikan terakhir adalah tingkat
perguruan tinggi (41%), mayoritas responden pekerjaan swasta (60%), dan
mayoritas responden status kepesertaan BPJS adalah BPJS PBI (65%). Dari hasil
analisis IPA terdapat 3 item pertanyaan yaitu item nomor 20, item nomor 23, dan
iem nomor 27 yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki oleh pihak Instalasi
Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Namira Kabupaten Lombok Timur
Provinsi NTB. | en_US |
dc.description.abstract | The state-owned enterprise specifically assigned by the government to
provide health insurance for all Indonesian people is the Health BPJS. One very
important indicator in reviewing the quality of hospital services is patient
satisfaction. In the BPJS era, patients with BPJS had high expectations for
pharmaceutical services. Therefore, this study aims to determine the level of
patient satisfaction of BPJS users on outpatient pharmacy services at Namira
Hospital East Lombok Regency, NTB.
This research is a descriptive non-experimental research with a cross
sectional approach. The respondents of this study were 110 people who were
obtained through purposive sampling. Data collection was carried out using a
performance questionnaire of 27 items and a hopeful questionnaire of 27 items.
The results of this study state that the average value of the reliability
dimensions of reability is 105.1%, responsiveness is 106.1%, assurance is
105.7%, empathy dimensions are 102.9%, and tangible dimensions are 105.4%.
The results of the analysis of the characteristics of respondents stated that the
majority of respondents aged 26-35 years (39%), the majority of respondents were
female (58%), the majority of respondents at the last level of education were
college level (41%), the majority of respondents were private employment (60%) ,
and the majority of respondents BPJS membership status is BPJS PBI (65%).
From the results of the IPA analysis there are 3 question items namely item
number 20, item number 23, and item number 27 which are the top priority for
improvement by the Outpatient Pharmacy Installation at Namira Islamic Hospital,
East Lombok Regency, NTB Province. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Consumer Satisfaction, BPJS, Pharmaceutical Services, Outpatient Services | en_US |
dc.title | EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN OBAT DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NTB | en_US |
dc.type | Thesis SKR FKIK 510 | en_US |