Show simple item record

dc.contributor.advisorHARIMURTI, SABTANTI
dc.contributor.authorISMAYANI, AULIA ASTRI
dc.date.accessioned2019-11-11T06:38:49Z
dc.date.available2019-11-11T06:38:49Z
dc.date.issued2019-07-17
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30325
dc.descriptionBadan usaha milik negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia adalah BPJS Kesehatan. Salah satu indikator yang sangat penting dalam meninjau mutu pelayanan rumah sakit adalah kepuasan dari pasien. Pada era BPJS ini pasien pengguna BPJS mempunyai harapan yang tinggi terhadap pelayanan kefarmasian. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap pelayanan kefarmasian rawat jalan di RSI Namira Kabupaten Lombok Timur, NTB. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimental secara deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini berjumlah 110 orang yang diperoleh melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner kinerja sebanyak 27 item dan kuesioner harapan sebanyak 27 item. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai rata-rata tingkat kesesuaian dimensi reability sebesar 105,1%, responsiveness sebesar 106,1%, assurance sebesar 105,7%, dimensi emphaty sebesar 102,9%, dan dimensi tangible sebesar 105,4%. Hasil analisis karakteristik responden menyatakan bahwa mayoritas responden berusia 26-35 tahun (39%), mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (58%), mayoritas responden tingkat pendidikan terakhir adalah tingkat perguruan tinggi (41%), mayoritas responden pekerjaan swasta (60%), dan mayoritas responden status kepesertaan BPJS adalah BPJS PBI (65%). Dari hasil analisis IPA terdapat 3 item pertanyaan yaitu item nomor 20, item nomor 23, dan iem nomor 27 yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki oleh pihak Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Namira Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB.en_US
dc.description.abstractThe state-owned enterprise specifically assigned by the government to provide health insurance for all Indonesian people is the Health BPJS. One very important indicator in reviewing the quality of hospital services is patient satisfaction. In the BPJS era, patients with BPJS had high expectations for pharmaceutical services. Therefore, this study aims to determine the level of patient satisfaction of BPJS users on outpatient pharmacy services at Namira Hospital East Lombok Regency, NTB. This research is a descriptive non-experimental research with a cross sectional approach. The respondents of this study were 110 people who were obtained through purposive sampling. Data collection was carried out using a performance questionnaire of 27 items and a hopeful questionnaire of 27 items. The results of this study state that the average value of the reliability dimensions of reability is 105.1%, responsiveness is 106.1%, assurance is 105.7%, empathy dimensions are 102.9%, and tangible dimensions are 105.4%. The results of the analysis of the characteristics of respondents stated that the majority of respondents aged 26-35 years (39%), the majority of respondents were female (58%), the majority of respondents at the last level of education were college level (41%), the majority of respondents were private employment (60%) , and the majority of respondents BPJS membership status is BPJS PBI (65%). From the results of the IPA analysis there are 3 question items namely item number 20, item number 23, and item number 27 which are the top priority for improvement by the Outpatient Pharmacy Installation at Namira Islamic Hospital, East Lombok Regency, NTB Province.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectConsumer Satisfaction, BPJS, Pharmaceutical Services, Outpatient Servicesen_US
dc.titleEVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN OBAT DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NTBen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 510en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record