Show simple item record

dc.contributor.advisorMARTIANA, ANDRI
dc.contributor.authorRAMADHAN, DIMAS NURUL
dc.date.accessioned2019-11-13T01:27:05Z
dc.date.available2019-11-13T01:27:05Z
dc.date.issued2019-10-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30346
dc.descriptionDalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang di gunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dimana Penelitian ini dengan kriteria sebagai berikut : Sudah menjadi anggota BMT selama lebih dari 1 tahun dan anggota yang umurnya sudah lebih dari 17 tahun. Untuk Mengumpulkan data menggunakan Kuisioner, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan. Hasil peneltian yang diolah dengan progam SPSS versi 16.0 for windows membuktikan nilai R Square sebesar 0,309 yang artinya bahwa variabel dependen yaitu keputusan menabung dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu faktor budaya, sosial dan pribadi sebesar 30,9% sedangkan yang 69,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Hasil dari uji simultan (Uji F) menunjukan nilai signifikansi f hitung sebesar 12,647 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen yaitu faktor budaya, sosial dan pribadi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan menabung. Hasil dari uji parsial (Uji T) diperoleh hasil bahwa variabel Faktor Budaya terhadap keputusan menabung memiliki koefisien t sebesar 2,452 dan nilai signifikansi (0,01<0,05). maka hipotesis yang menyatakan bahwa faktor budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung diterima.Variabel faktor sosial terhadap keputusan menabung memiliki koefisien t sebesar 0,285 dan nilai signifikansi sebesar (0,776>0,05). maka hipotesis yang menyatakan bahwa faktor sosial berpengaruh positif terhadap keputusan menabung ditolak.Variabel faktor pribadi terhadap keputusan menabung memiliki koefisien t sebesar 3,835 dan nilai signifikansi sebesar (0,000<0,05). maka hipotesis yang menyatakan bahwa faktor pribadi berpengaruh positif terhadap keputusan menabung diterima.en_US
dc.description.abstractIn this study, the researcher used quantitative research method. The method used in the sampling was purposive sampling with the following criteria for the study: has been a member of BMT for more than one year and members who have generally been more than 17 years old. To collect data, the researcher used questionnaires, documentation, and literature studies. The research results were processed with the SPSS program version 15.0 for windows to prove that the value of R Square of 0.309. It means that the dependent variable, which is the decision to save, can be explained by the independent variables, which are cultural, social, and personal factors of 30.9%, while 69.1% can be explained by other variables not examined in this study. The results of the simultaneous test (F-Test) show the significant value of f count of 12.647 with a significance value of 0.000<0.005. Then, it can be concluded that all independent variables, namely cultural, social and personal factors, simultaneously have a significant effect on the dependent variable, namely the decision to save. The results of the partial test (T-Test) shows that the cultural factor variable on saving decisions had a coefficient of t of 2.452 and a significance value of 0.01<0.05. Then, the hypothesis which states that cultural factors have a significant influence on the decision to save is accepted. The social factor variable on the decision to save has a coefficient of t of 0.285 and a significance value of 0.776>0.05. Then, the hypothesis stating that social factors have a positive effect on the decision to save is not accepted. The personal factor variable on the decision to save has a coefficient of t of 3.835 and a significance value of 0.000 <0.05. Then, the hypothesis which states that personal factors have a positive effect on the decision to save is accepted.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCultural Factors, Social Factors, Personal Factors, Consumer Behavior, Decisions to Saveen_US
dc.titleANALISIS PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL DAN PRIBADI PADA PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BMTen_US
dc.title.alternativeSTUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI, BMT MITRA USAHA MULIA DAN BMT BINA UMMAHen_US
dc.typeThesis SKR FAI 300en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record