dc.contributor.advisor | MARTIANA, ANDRI | |
dc.contributor.author | RAMADHAN, DIMAS NURUL | |
dc.date.accessioned | 2019-11-13T01:27:05Z | |
dc.date.available | 2019-11-13T01:27:05Z | |
dc.date.issued | 2019-10-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30346 | |
dc.description | Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Metode yang di gunakan dalam pengambilan sampel adalah
purposive sampling dimana Penelitian ini dengan kriteria sebagai berikut :
Sudah menjadi anggota BMT selama lebih dari 1 tahun dan anggota yang
umurnya sudah lebih dari 17 tahun. Untuk Mengumpulkan data menggunakan
Kuisioner, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan.
Hasil peneltian yang diolah dengan progam SPSS versi 16.0 for windows
membuktikan nilai R Square sebesar 0,309 yang artinya bahwa variabel
dependen yaitu keputusan menabung dapat dijelaskan oleh variabel independen
yaitu faktor budaya, sosial dan pribadi sebesar 30,9% sedangkan yang 69,1%
dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Hasil dari uji simultan (Uji F) menunjukan nilai signifikansi f hitung
sebesar 12,647 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Maka dapat disimpulkan
bahwa seluruh variabel independen yaitu faktor budaya, sosial dan pribadi secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan
menabung. Hasil dari uji parsial (Uji T) diperoleh hasil bahwa variabel Faktor
Budaya terhadap keputusan menabung memiliki koefisien t sebesar 2,452 dan
nilai signifikansi (0,01<0,05). maka hipotesis yang menyatakan bahwa faktor
budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung diterima.Variabel
faktor sosial terhadap keputusan menabung memiliki koefisien t sebesar 0,285
dan nilai signifikansi sebesar (0,776>0,05). maka hipotesis yang menyatakan
bahwa faktor sosial berpengaruh positif terhadap keputusan menabung
ditolak.Variabel faktor pribadi terhadap keputusan menabung memiliki koefisien
t sebesar 3,835 dan nilai signifikansi sebesar (0,000<0,05). maka hipotesis yang
menyatakan bahwa faktor pribadi berpengaruh positif terhadap keputusan
menabung diterima. | en_US |
dc.description.abstract | In this study, the researcher used quantitative research method. The
method used in the sampling was purposive sampling with the following criteria
for the study: has been a member of BMT for more than one year and members
who have generally been more than 17 years old. To collect data, the researcher
used questionnaires, documentation, and literature studies.
The research results were processed with the SPSS program version 15.0
for windows to prove that the value of R Square of 0.309. It means that the
dependent variable, which is the decision to save, can be explained by the
independent variables, which are cultural, social, and personal factors of 30.9%,
while 69.1% can be explained by other variables not examined in this study.
The results of the simultaneous test (F-Test) show the significant value of
f count of 12.647 with a significance value of 0.000<0.005. Then, it can be
concluded that all independent variables, namely cultural, social and personal
factors, simultaneously have a significant effect on the dependent variable,
namely the decision to save. The results of the partial test (T-Test) shows that the
cultural factor variable on saving decisions had a coefficient of t of 2.452 and a
significance value of 0.01<0.05. Then, the hypothesis which states that cultural
factors have a significant influence on the decision to save is accepted. The social
factor variable on the decision to save has a coefficient of t of 0.285 and a
significance value of 0.776>0.05. Then, the hypothesis stating that social factors
have a positive effect on the decision to save is not accepted. The personal factor
variable on the decision to save has a coefficient of t of 3.835 and a significance
value of 0.000 <0.05. Then, the hypothesis which states that personal factors have
a positive effect on the decision to save is accepted. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Cultural Factors, Social Factors, Personal Factors, Consumer Behavior, Decisions to Save | en_US |
dc.title | ANALISIS PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL DAN PRIBADI PADA PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BMT | en_US |
dc.title.alternative | STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI, BMT MITRA USAHA MULIA DAN BMT BINA UMMAH | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
300 | en_US |