Show simple item record

dc.contributor.advisorHAMID, HOMAIDI
dc.contributor.authorRAHMAWATI, KHIKMAH
dc.date.accessioned2019-11-13T01:33:13Z
dc.date.available2019-11-13T01:33:13Z
dc.date.issued2019-10-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30347
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi BAZNAS Kabupaten Kebumen dalam pengelolaan zakat produktif sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara kepada narasumber sebagai informan penelitian, serta data sekunder yang diperoleh dari kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategi pengelolaan zakat yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Kebumen meliputi perencanaan strategi, pengimplementasian strategi, dan evaluasi strategi. Perencanaan strategi yaitu merumuskan strategi dengan menentukan visi dan misi BAZNAS Kabupaten Kebumen, dan pengarahan kebijakan dengan memperhatikan analisi lingkunan internal dan eksternal. Implementasi strategi yaitu dengan membuat program kerja. Sedangakan evalusi strategi yaitu dengan mengevaluasi setiap program kerja yang telah direncanakan dan dilaksanakan dengan memperhatikan target dan sasaran kerja yang ingin dicapai. Berdasarkan diagram SWOT BAZNAS Kabupaten Kebumen terletak pada kuadran 1, sehingga yang menjadi prioritas untuk dilakukan adalah strategi pertumbuhan atau Strategi S-O (Strength-Opportunity), yaitu dengan cara meningkatkan kerjasama dengan perbankan dalam penyaluran dana CSR, memanfaatan tokoh BAZNAS untuk menjaring muzakki khususnya ASN, dan mengoptimalkan UPZ baik di lemaga pemerintah maupun di desa.en_US
dc.description.abstractThis study aims to analyze the management strategy of BAZNAS Kebumen in the management of productive zakat as an effort to reduce poverty. This study uses qualitative research methods by conducting observations and interviews with interviewees as research informants, as well as secondary data obtained from the literature. Analysis of the data used in this study is a SWOT analysis. The results showed that zakat management strategies carried out by BAZNAS Kebumen included strategic planning, strategy implementation, and strategy evaluation. Strategic planning is formulating a strategy by determining the vision and mission of BAZNAS Kebumen and directing policies by taking into the internal and external environmental analysis. The implementation of the strategy is to create a work program. Then evaluating the strategy is to assess each work program that has been planned and implemented by taking into the targets and work targets to be achieved. Based on the BAZNAS Kebumen SWOT, diagram is located in quadrant 1. So the priority to do is a growth strategy or SO (Strength-Opportunity) strategy. It is implemented by increasing cooperation with banks in channeling CSR funds, utilizing BAZNAS figures to attract muzakki, especially ASN, and optimizing UPZ in both government institutions and villages.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategy, management, zakat, SWOTen_US
dc.titleANALISIS MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINANen_US
dc.title.alternativeStudi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kebumenen_US
dc.typeThesis SKR FAI 207en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record