dc.contributor.advisor | HIDAYATI, LAILI NUR | |
dc.contributor.author | NUHA, MUHAMMAD ULIN | |
dc.date.accessioned | 2019-11-19T01:46:01Z | |
dc.date.available | 2019-11-19T01:46:01Z | |
dc.date.issued | 2019-10-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30482 | |
dc.description | Latar Belakang : Bully merupakan tindakan yang bertujuan menyakiti orang lain
melalui ucapan atau perbuatan. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan sebanyak 22 kasus bully. Dampak bully
adalah siswa tidak berkonsentrasi dalam belajar.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bully
dengan konsentrasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Seyegan.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan non eksperimental cross
sectional. Subjek penelitian ini sebanyak 87 siswa yang menjadi korban bully.
Teknik pengambilan data dilakukan dengan kuesioner korban bully olweus dan
kuesioner konsentrasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis
Spearman – Rho.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 87 siswa menjadi
korban bully dengan nilai p-value (0,702) dengan tingkat konsentrasi belajar baik
14%, cukup 70%, kurang 16%. Mayoritas usia 12-14 tahun 71 siswa (82%), jenis
kelamin perempuan 50 siswa (57%), sebagian besar ada di kelas VII 50 siswa
(57%).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan bully dengan konsentrasi belajar siswa SMP
Muhammdiyah 1 Seyegan. Untuk remaja lebih bisa mengontrol diri dan bijak dalam
berteman agar tidak melukai teman dengan perkataan maupun perbuatan mereka | en_US |
dc.description.abstract | Background : Bully is an action that aims to hurt others through words or deeds.
The Indonesian Child Protection Commission (KPAI) of the Special Region of
Yogyakarta received 22 cases of bullying. The impact of bullying is students do not
concentrate in learning.
Research Objective : The objective of this research to determine the relationship
of bullying with the concentration of study consentrate at Muhammadiyah 1
Seyegan Junior High School.
Reseach Method : Type of research is non-experimental cross sectional study. The
subject of this study were 87 students who victims of bullying. The technique of
data collection was carried out with the bullied olweus victim queestionnaire and
the learning concentration questionnaire. The analysis technique used the Spearman
– rho analysis
Result : The result of this study found as many as 87 students fell victim to bullying
with p-value (0,702) with a good concentration of learning 14 %, 70% enough, less
16%. The majority of the ages 12-14 years 71 students (82%), female gender 50
students (57%), most of them in class VII 50 students (57%).
Conclusion : There is no corelation between bully and study concentration of
Muhammadiyah 1 Seyegan Junior High School students. The adolescents are able
to control their emotions and are wise to comunicate and interact | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Bully, Concentration of Learning, Adolescent | en_US |
dc.title | HUBUNGAN BULLY TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 1 SEYEGAN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FP
71 | en_US |