dc.contributor.author | Indrayati, Siti Asfiyatun | |
dc.date.accessioned | 2019-11-20T04:01:58Z | |
dc.date.available | 2019-11-20T04:01:58Z | |
dc.date.issued | 2019-12-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30501 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas pribadi siswa SMA
Negeri 7 Yogyakarta sebelum diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam;
2) kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta setelah diberikan layanan
bimbingan dan konseling Islam; dan 3) efektivitas layanan bimbingan dan
konseling Islam dalam meningkatkan kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7
Yogyakarta.
Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan one group pretestposttest
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan
XII SMA Negeri 7 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sejumlah
2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 dan kelas XII MIPA 4, dengan purposive
sampling. Teknik pengumpulan data digunakan kuesioner. Teknik analisis data
digunakan uji t sampel berpasangan.
Hasil penelitian didapatkan 1) Kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7
Yogyakarta sebelum diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam, termasuk
dalam kategori baik, dengan rata-rata skor sebesar 94,7231; 2) Kualitas pribadi
siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta setelah diberikan layanan bimbingan dan
konseling Islam, termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata skor sebesar
101,7538; dan 3) Layanan bimbingan dan konseling Islam efektif dalam
meningkatkan kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta, dengan t-hitung
sebesar -14,967 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Efektivitas layanan bimbingan dan
konseling Islam dalam meningkatkan kualitas pribadi berada pada tingkat sedang,
ditunjukkan dari effect sise sebesar 0,7426. | en_US |
dc.description.abstract | The research aimed at learning: 1) the character of SMA Negeri 7
Yogyakarta students before provided with Islamic guidance and counseling
services; 2) character of SMA Negeri 7 Yogyakarta students after provided with
Islamic guidance and counseling; and 3) the effectiveness of Islamic guidance and
counseling services in improving SMA Negeri 7 Yogyakarta students’ character.
The research is an experimental research with one group pretest-posttest
design. The population of the research is all SMA Negeri 7 Yogyakarta students
in grade XI and XII. The samples were 2 classes namely class of XI MIPA 3 and
class of XII MIPA 4 for the experiment groups and 2 other classes namely class of
XI MIPA 5 and XII IPS 2 for experiment class with purposive sampling. The data
were collected using questionnaire. The data analysis technique was independent t
test sample.
The research result indicated 1) the characters of SMA Negeri 7
Yogyakarta students before provided with Islamic guidance and counseling
services were in good category with the score of 94,7231; 2) the characters of
SMA Negeri 7 Yogyakarta students after provided with Islamic guidance and
counseling services were in good category with the score of 101,7538; and 3)
Islamic guidance and counseling services were effective in improving the
characters of SMA Negeri 7 Yogyakarta students with t-count -14,967 and p
0,000 (p<0,05). The effectiveness of Islamic guidance and counseling services in
improving the characters was in medium category with effect size of 0,7426. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | kualitas pribadi | en_US |
dc.title | EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRIBADI SISWA DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |