Show simple item record

dc.contributor.authorIndrayati, Siti Asfiyatun
dc.date.accessioned2019-11-20T04:01:58Z
dc.date.available2019-11-20T04:01:58Z
dc.date.issued2019-12-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30501
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta sebelum diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam; 2) kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta setelah diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam; dan 3) efektivitas layanan bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan one group pretestposttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 7 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sejumlah 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 dan kelas XII MIPA 4, dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan kuesioner. Teknik analisis data digunakan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian didapatkan 1) Kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta sebelum diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam, termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata skor sebesar 94,7231; 2) Kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta setelah diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam, termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata skor sebesar 101,7538; dan 3) Layanan bimbingan dan konseling Islam efektif dalam meningkatkan kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta, dengan t-hitung sebesar -14,967 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan kualitas pribadi berada pada tingkat sedang, ditunjukkan dari effect sise sebesar 0,7426.en_US
dc.description.abstractThe research aimed at learning: 1) the character of SMA Negeri 7 Yogyakarta students before provided with Islamic guidance and counseling services; 2) character of SMA Negeri 7 Yogyakarta students after provided with Islamic guidance and counseling; and 3) the effectiveness of Islamic guidance and counseling services in improving SMA Negeri 7 Yogyakarta students’ character. The research is an experimental research with one group pretest-posttest design. The population of the research is all SMA Negeri 7 Yogyakarta students in grade XI and XII. The samples were 2 classes namely class of XI MIPA 3 and class of XII MIPA 4 for the experiment groups and 2 other classes namely class of XI MIPA 5 and XII IPS 2 for experiment class with purposive sampling. The data were collected using questionnaire. The data analysis technique was independent t test sample. The research result indicated 1) the characters of SMA Negeri 7 Yogyakarta students before provided with Islamic guidance and counseling services were in good category with the score of 94,7231; 2) the characters of SMA Negeri 7 Yogyakarta students after provided with Islamic guidance and counseling services were in good category with the score of 101,7538; and 3) Islamic guidance and counseling services were effective in improving the characters of SMA Negeri 7 Yogyakarta students with t-count -14,967 and p 0,000 (p<0,05). The effectiveness of Islamic guidance and counseling services in improving the characters was in medium category with effect size of 0,7426.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectkualitas pribadien_US
dc.titleEFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRIBADI SISWA DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record