Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Purnama
dc.date.accessioned2019-11-21T06:43:05Z
dc.date.available2019-11-21T06:43:05Z
dc.date.issued2019-12-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30527
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mengetahui Strategi ibu karir di SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta dalam memenuhi kebutuhan pendidikan akhlak anak, dengan membagi waktu waktu antara keluarga dan karir kunci untama mereka lakukan. 2) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan akhlak anak oleh ibu karir, dapat dilihat bahwa karir mampu mengsukseskan pendidikan akhlak anak dengan dukungan dari kedua orang tua. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian SD Muhammadiyah kuaman Yogyakarta. Dengan subjek penelitian, 3 ibu karir yang mempunyai anak usia dini, usia anak diantara 4 tahun sampai 12 tahun siswa. Dalam tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ibu karir yang bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Kauman menjalankan kedua peran walaupun merasa dilema dalam mengatur waktu merka tetap konsisten dengan waktu yang mereka miliki. Strategi ibu karir dalam memenuhi kebutuhan pendidikan akhlak anak dengan membagi waktu semaksimal mungkin, faktor pendukung lingkungan yang religuis, lingkungan keluarga, teman sekolah, teman TPA, faktor penghambat waktu bersama anak sedikit sekali, lingkungan rumah yang kurang religius, tempat pengasuh anak yang kurang pendidikan agamanya.en_US
dc.description.abstractThis research aims to find out : 1) the strategies of career women working at SD (Elementary School) Muhammadiyah Kauman Yogyakarta in fulfilling moral education needs of the children: 2) the supporting factors and inhibitors of moral education done by career women at SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta. This is a case study research with qualitative descriptive approach. This research was carried out in SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta with the head master, 3 career women having kids ranging from 4 – 12 years old as the subjects of the research. The data of the research were collected from observation, depth interview, and documentation. The data of the research were analyzed by collecting the data, classifying the data, reducing the data, triangulating the data and deriving the temporary conclusion. The results of the research show that: 1. career women maximize their time for their jobs and families, 2. teaching moral education from an early age or from birth is done to make it more embedded in the soul of the children, 3. the supporting factors are from the parents and the environment, 4. the inhibitors are the limited time spent with the family.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectMoral educationen_US
dc.subjectearly childhooden_US
dc.subjectcareer womenen_US
dc.titlePENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI OLEH IBU KARIR (Studi Kasus Guru SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record